NASA Mau Ungkap Temuan Baru Exoplanet Mirip Bumi

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

penemuan-exoplanet

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah mempersiapkan acara konferensi pers yang digelar pada 22 Februari, pukul 13.00 waktu New York. Di sana, NASA akan mengumumkan penemuan terbarunya terkait exoplanet, atau planet yang mengorbit di luar sistem tata surya Bima Sakti. Dilansir dari situs resmi NASA, tiga dari tujuh planet tersebut berada di zona yang layak huni. Planet-planet tersebut berada di atmosfer Kemungkinan di sana memiliki air yang merupakan sumber kehidupan, sebab planet tersebut berada di kondisi atmosfer yang tepat. Tiga planet tersebut mempunyai peluang layak huni paling tinggi.
“Penemuan ini bisa menjadi bagian penting dari teka-teki untuk menemukan lingkungan yang layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk hidup,” kata Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Science Mission Directorate di Washington dikutip dari situs resmi NASA, Kamis, 23 Februari 2017.

Menjawab pertanyaan ‘apakah kita sendiri’ adalah prioritas ilmu pengetahuan yang paling tinggi dan menemukan planet sebanyak ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah maju yang luar biasa untuk mencapai tujuan ituThomas Zurbuchen

NASA Temukan 7 Planet Baru Seukuran Bumi, 3 Layak Huni

Menurut NASA, lingkaran exoplanet Trappist-1 (bintang tunggal) tersebut terletak hanya 39 tahun cahaya dari Bumi. Temuan ini menjadi rekor baru untuk kategori jumlah temuan planet yang layak huni di luar sistem tata surya selama ini.

Rekor baru! Kami telah menemukan 7 planet seukuran Bumi di sekitar bintang tunggal di luar tata surya kita; tiga di zona layak huniNASA

Dalam sesi tanya jawab setelah pengumuman, para ilmuwan NASA mengatakan bahwa keberadaan air belum dikonfirmasi pada salah satu planet yang baru ditemukan. Namun, NASA mengklaim tiga dari tujuh planet baru tersebut layak huni. Nama salah satu dari exoplanet tersebut belum dipaparkan. Alasannya, tidak ada sistem yang mudah untuk penamaan planet di luar tata surya yang telah ada.

(Visited 59 times, 1 visits today)