NASA Temukan 10 Planet Baru Mirip Bumi

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

NASA kembali menemukan 219 planet baru di luar sistem tata surya kita. Menariknya, NASA menyimpulkan 10 di antara planet tersebut memiliki keserupaan dengan Bumi dan kemungkinan bisa menyokong kehidupan. 10 Planet yang berada di zona bernama Goldilocks tersebut diyakini memiliki air yang merupakan unsur utama untuk menyokong kehidupan. Planet tersebut ditemukan NASA dengan menggunakan teleskop luar angkasa Kepler. Menurut Independent, awalnya Kepler menemukan lebih dari 4000 planet.

Para ilmuwan menemukan calon-calon planet yang bisa ditempati kehidupan

Para ilmuwan menemukan calon-calon planet yang bisa ditempati kehidupan itu pada penerawangan terakhir dari observasi Teleskop Ruang Angkasa Kepler milik NASA terhadap 200.000 sampel bintang dalam konstelasi Cygnus. Ratusan ribu kandidat planet itu termasuk 10 planet berbatu baru yang jarak dari bintangnya telah memungkinkannya mengandung air. Jika air itu ada, para ilmuwan yakin air likuid adalah kunci untuk kehidupan.

Pertanyaan penting kita adalah apakah kita sendirian,” kata ilmuwan program Kepler Mario Perez dalam konferensi pers. “Mungkin saja Kepler hari ini memberi tahu kita secara tidak langsung bahwa kita tidak sendirian.

10 planet terbaru yang berukuran seperti Bumi

10 planet terbaru yang berukuran seperti Bumi, salah satunya sangat mirip dengan Bumi, baik dari ukuran dan jarak ke bintang induknya. Namun, hingga kini peneliti belum menemukan informasi lebih lanjut tentang hal itu.

Data dari Kepler juga memberikan cara baru untuk menilai apakah sebuah planet memiliki permukaan padat seperti Bumi, atau terbuat dari gas seperti Neptunus. Perbedaan tersebut akan membantu ilmuwan mengetahui planet yang berpotensi mirip Bumi dan kemungkinan menemukan kehidupan di tempat lain.

Tim Kepler menemukan, planet-planet yang berukuran 1,75 kali lebih besar dari Bumi atau lebih kecil cenderung memiliki permukaan berbatu. Sementara itu, planet yang berukuran dua sampai 3,5 kali lebih besar dari Bumi berselimut gas layaknya Neptunus.

(Visited 24 times, 1 visits today)