NASA Temukan Bukti Keberadaan Danau di Mars

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

mars ada danau

NASA kembali menemukan informasi baru mengenai keberadaan air di planet Mars. Berdasarkan informasi yang dikirimkan oleh robot penjelajah, Curiosity Rover, diperkirakan planet merah ini pernah memiliki sebuah danau besar di atas permukaan tanah.

Hal ini disimpulkan berdasarkan temuan dari Pegunungan Sharp di Mars. Pegunungan dengan tinggi hampir 5.000 meter ini berada di sekitar Kawah Gale yang ada di planet Mars.

Gunung ini ternyata terbuat dari berbagai jenis dan lapisan sedimen, di mana lapisan ini kemungkinan besar disebabkan oleh adanya kandungan air berupa danau atau sungai.

Curiosity bergerak pada ketinggian pegunungan Sharp, kita memiliki serangkaian percobaan untuk menunjukan pola bagaimana atmosfer dan air berinteraksiJohn Grotzinger, ilmuwan yang bekerja untuk Curiosity

Ditemukannya sisa-sisa kerakal sungai dan endapan dari danau dangkal

Pada awal misinya, Curiosity menemukan sisa-sisa kerakal sungai dan endapan dari danau dangkal.

Riset baru yang dipublikasikan di jurnal Science menunjukkan bahwa dasar kawah naik dari waktu ke waktu, hasil dari sedimen yang menetap, lapis demi lapis, yang mungkin sudah berlangsung ribuan tahun, kata ahli geologi John Grotsinger dari California Institute of Technology.

Kami tahu bahwa ada danau di sana, tapi kami belum punya bayangan seberapa besar duluGrotzinger.

Curiosity yang telah menjelajahi Mars selama enam tahun

Wahana antariksa Curiosity yang telah menjelajahi Mars selama enam tahun baru saja menemukan sebuah formasi bebatuan yang diduga kuat merupakan endapan lumpur berusia 3 miliar tahun. Menariknya, endapan lumpur tersebut diduga merupakan bagian bibir dari sebuah danau. Menurut Engadget, bukti tersebut didapat dari penelitian terhadap struktur endapan yang ternyata memiliki kontur unik. Kontur tersebut diduga terbentuk dari erosi air seperti halnya yang terjadi di bibir danau.

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan adanya patahan pada batuan endapan tersebut yang diduga kuat merupakan jalur air mengalir.

(Visited 40 times, 1 visits today)