Natal dan Tahun Baru, Trafik Telekomunikasi Bisa Melonjak 48%

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

trafik-telekomunikasi-melonjak

Momen natal dan tahun baru biasanya menjadi kesempatan bagi operator untuk mempertebal kocek mereka mengingat trafik komunikasi di dua momen yang hampir bersamaan tersebut melonjak cukup tinggi. Pelanggan biasanya saling berkirim ucapan selamat untuk merayakannya kepada kerabat dan sanak keluarga. Bukan karena trafik tinggi saja yang membuat pundi-pundi operator bakal semakin tebal, strategi menaikkan harga pun dilakukan. Kenaikannya berbeda-beda di tiap-tiap cluster tergantung daya beli konsumen di wilayah tersebut. Tapi secara rata-rata kenaikannya hingga 8 persen.

Trafik Telekomsel

Menurut prediksi Telkomsel, layanan data pada saat Natal dan Tahun Baru akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,1 Petabyte, naik lebih dari 118 persen dari tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan data untuk melakukan streaming, media sosial atau sekadar chat terus naik. Untuk itu, Telkomsel meningkatkan layanan internet hingga 837 Gbps, naik sekitar 78 persen dari tahun lalu.

Sementara itu, untuk layanan suara diperkirakan akan mencapai 1,52 miliar menit dan SMS diduga akan menjadi 892 SMS per hari.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi 687 titik keramaian yang diduga akan menjadi pusat berkumpulnya massa. Tempat-tempat tersebut adalah bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan tempat ibadah. Telkomsel menyebutkan, di tempat-tempat tersebut, mereka memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik 47 persen dari hari normal sepanjang tahun 2016.

Untuk itu, di lokasi-lokasi strategis, Telkomsel mengerahkan 91 Compact Mobile BTS dan menyiagakan 487 armada Mobile GraPARI.

Trafik XL

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari raya Natal & Tahun Baru 2016 diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data dibandingkan hari-hari normal. Khusus untuk XL Axiata, peningkatan itu diperkirakan akan mencapai 20%.

Selama Natal dan Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%. Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu.

Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. XL juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik.

(Visited 16 times, 1 visits today)