NFP AS Agustus Dibawah Ekspektasi, Pertumbuhan Upah Melambat

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Pertumbuhan lapangan kerja AS melambat selama bulan Agustus, menurut data yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat (1/9) kemarin. Non Farm Payroll harus turun setelah mencatatkan kenaikan dua bulan secara beruntun.

Ekonomi AS berhasil menambahkan 156,000 pekerjaan baru pada bulan Agustus, dibawah ekspektasi 180,000 dan data periode Juli harus direvisi turun 20,000 menjadi 189,000. Meski terjadi perlambatan selama bulan lalu, namun laju pertumbuhan lapangan kerja AS dalam beberapa bulan sebelumnya diyakini telah cukup bagi Bank Sentral untuk segera memangkas portofolio obligasi pada pertemuan September mendatang.

Departemen terkait juga merilis data upah per jam yang hanya naik $ 3 cent atau 0.1 persen, lebih lambat dibandingkan rilis periode Juli yang kala itu mencatatkan kenaikan 0.3 persen. Secara basis YoY, upah pekerja AS naik 2.5 persen hingga bulan lalu.

Terjadi perlambatan terhadap pertumbuhan lapangan kerja di bulan Agustus dimana berada dibawah angka rata rata NFP tahunan sebesar 176,000 mencerminkan kondisi musiman. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, periode Agustus memang sering memberikan bias lemah dengan revisi yang akan menunjukan penguatan.

Departemen Tenaga Kerja menyebutkan badai Harvey yang melanda AS belum berpengaruh terhadap rilis Payroll malam ini, dikarenakan badai tersebut terjadi setelah periode survey yang dilakukan oleh departemen terkait. Namun tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi data ekonomi AS dalam beberapa bulan kedepan.

(Visited 19 times, 1 visits today)