NFP AS Juli Naik Lewati Ekspektasi, Upah Pekerja Meningkat

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Ekonomi Amerika Serikat berhasil menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak dibandingkan ekspektasi pada bulan Juli, menurut laporan NFP yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja AS hari Jumat Kemarin(4/8) awal sesi New York. Payroll yang membaik tersebut diikuti oleh kenaikan trend upah pekerja yang mendorong Dollar menguat terhadap berbagai major currency.

The Labor Departemen mempublikasikan data Payroll AS selama bulan Juli yang menambah 209,000 pekerjaan baru, melewati ekspektasi 182,000 pekerjaan dan data NFP periode Juni lalu direvisi naik dari 222,000 menjadi 231,000 yang bisa menjadi tanda solidnya pasar tenaga kerja AS memasuki kuartal ketiga 2017.

Dalam waktu yang bersamaan, Departemen terkait juga mempublikasikan data upah per jam pekerja yang meningkat 0.3 persen atau sesuai ekspektasi sebelumnya. Kenaikan upah bulan lalu menjadi kenaikan terbesar dalam kurun waktu 5 bulan terakhir, setelah berhasil naik 0.2 persen selama bulan Juni lalu. Dalam 12 bulan terakhir hingga Juli, upah pekerja telah naik 2.5 persen dimana sebelumnya pada periode Februari lalu sempat melonjak 2.8 persen YoY. Trend pertumbuhan upah sangat penting mengingat diperlukan untuk mempertahankan ekspansi ekonomi setelah output pekerja mengalami peningkatan sebesar 2.6 persen di kuartal kedua 2017.

Note :
Tingkat Pengangguran juga tercatat turun 0.1 persen menjadi 4.3 persen – terendah 16 tahun – atau sama dengan data bulan Mei lalu. Pada pukul 20:14 WIB, Dollar AS terpantau bergerak menguat terhadap Euro, Sterling dan Yen.
(Visited 28 times, 1 visits today)