Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC)

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

minyak opec

Hallo traders, kami akan memberikan informasi untuk anda apakah itu OPEC dan hubungannya dengan Trading? Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak yang biasa disebut dengan OPEC, telah menjadi salah satu pemain utama dalam perekonomian dunia selama beberapa dekade. Organisasi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga minyak sejak tahun 1960-an. Biasanya, jika OPEC mengurangi target produksi minyak dari negara-negara anggotanya, maka harga minyak cenderung akan meningkat.

Meskipun banyak orang sering mendengar tentang OPEC, namun hanya sedikit yang benar-benar tau apakah itu OPEC dan apa yang sebenarnya dilakukan organisasi tersebut. Berikut kami telah merangkum beberapa fakta menarik mengenai OPEC, yang akan sedikit membuka pengetahuan mengenai kartel minyak terbesar di dunia ini.

OPEC Berdiri Tahun 1960

OPEC (singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries; bahasa Indonesia: Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi) adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. OPEC didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Saat itu anggotanya hanya lima negara. Sejak tahun 1965 markasnya bertempat di Wina, Austria. Konferensi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari negara Iran, Irak, Saudi Arabia, Kuwait dan Venezuela. Kelima negara tersebutlah yang kemudian menjadi negara pendiri (founder) OPEC.

OPEC Memiliki 13 Negara Anggota

Hingga tahun 2016, ada 13 negara anggota OPEC yaitu Algeria, Angola, Ekuador, Libya, Nigeria, Qatar, Uni Emirat Arab, Indonesia dan 5 negara pendirinya. Angola, yang baru bergabung tahun 2007, merupakan anggota terbaru yang bergabung dengan organisasi kartel minyak ini. Sementara Gabon menjadi negara satu-satunya mantan anggota OPEC. Ekuador pernah keluar pada periode 1973-1992, namun kembali ikut serta di tahun 2007, sama seperti Indonesia yang keluar tahun 2008 lalu dan diaktifkan lagi 2015 silam. Indonesia adalah satu-satunya negara OPEC yang berada di Asia Tenggara, dan juga satu-satunya yang berstatus pengimpor netto minyak.

INFO :
Organisasi ini dibentuk antara lain sebagai respon atas upaya perusahaan minyak barat untuk mendorong harga minyak terus turun.
Sebelum Ada OPEC, Minyak Dunia Dikuasai “The Seven Sisters”

Sebelum OPEC dibentuk, pasar minyak dunia didominasi oleh kelompok yang dinamai “Seven Sisters”. Seven Sisters merupakan kelompok yang beranggotakan perusahaan-perusahaan besar minyak mentah internasional, seperti Anglo-Persian Oil Co, Texaco, Gulf Oil, Standard Oil of California, Royal Dutch Shell, Standard Oil of New Jersey dan Standard Oil Co. of New York.Sebagian besar perusahaan anggota Seven Sister telah berubah nama, atau membentuk perusahaan baru. Standard Oil of California berganti nama SoCal, kemudian mengakuisisi Gulf Oil untuk membentuk Chevron. Anglo-Persian Oil sekarang telah menjadi British Petroleum (BP). Demikian halnya dengan Standard Oil Co. New York yang bergabung dengan Standard Oil of New Jersey, sehingga terbentuk ExxonMobil. Hanya Royal Dutch Shell saja yang masih mempertahankan namanya sampai saat ini dan merupakan salah satu dari 10 perusahaan minyak terbesar dunia bersama dengan Chevron, BP, juga ExxonMobil.

Tujuan Utama OPEC

Menurut Statuta OPEC, tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah mengkoordinasikan dan menyatukan harga minyak dari negara anggotanya untuk menjamin stabilitas pasar minyak dalam rangka mengamankan, efisiensi, penghematan dan (menjaga) keteraturan pasokan minyak bumi kepada para konsumen, juga penghasilan tetap bagi produsen dan imbal balik modal yang adil bagi mereka berinvestasi di industri minyak bumi.

OPEC Mengadakan 2 Kali Meeting Setiap Tahun

Negara-negara anggota OPEC menghelat dua kali pertemuan dalam satu tahun. Biasanya pertemuan tersebut diadakan pada bulan Maret dan September. Namun jika ada keadaan luar biasa yang terjadi, anggota juga dapat meminta sesi khusus

(Visited 825 times, 1 visits today)