Para Orangtua, Waspadai Blue Whale Challenge di Media Sosial

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

blue whale chalangeBeberapa bulan yang lalu publik dihebohkan dengan adanya permainan nyeleneh yang disebut dengan Skip Challenge. Permainan tersebut dinilai sangat berbahaya. Namun ternyata masih ada permainan lain yang juga lebih berbahaya dan telah memakan korban banyak remaja.

Permainan baru yang itu adalah Blue Whale Challenge. Permainan ini bahkan telah menyebabkan sekitar 130 remaja bunuh diri di Rusia. Permainan tersebut mengharuskan pemainnya untuk melakukan rangkaian tantangan yang bisa mencelakai diri sendiri.

Permainan yang beredar luas di media sosial ini mengharuskan para pemain melakukan tantangan selama 50 hari penuh. Dilansir dari The Sun, Sabtu (29/4), Semua tantangan sifatnya menyiksa peserta, baik secara fisik maupun mental. Mulai dari menonton film horor seharian, mengukir bentuk paus di tangan dengan alat tajam. Di hari terakhir, biasanya peserta diminta untuk naik ke gedung tinggi dan lompat.

Mereka yang Diduga Ikut Tantangan Blue Whale Challenge

mati

Permainan Blue Whale Challenge sudah merenggut banyak nyawa remaja. Mereka mati secara tragis demi sebuah ‘kemenangan’ dari tantangan ini. Yulia Konstantinova (15) and Veronika Volkova (16), adalah dua sahabat cantik dari kota Ust-Ilimsk, Rusia, yang diduga ikut dalam permainan mematikan ini. Keduanya ditemukan tewas bunuh diri dengan melompat dari lantai 14 apartemen mereka. Yulia dan Veronika diduga sudah ikut serta dalam tantangan Blue Whale Challenge. Dalam postingan terakhirnya, Yulia menuliskan kata ‘End’ disertai sebuah foto ikan paus biru di Facebooknya, yang merupakan ciri khas salam perpisahan para pemain dari tantangan ini. 

Remaja wanita lain yang dikabarkan juga ikut dalam permainan ini, bahkan menjadi sorotan publik Rusia karena kematiannya yang tragis adalah Rina Palenkova.
Sebelum nekat menabrakkan diri ke kereta yang melaju, Rina memposting foto selca dirinya. Ia terlihat mengenakan buff, beanie pink, dan headphone dan berfoto saat sebuah kereta melaju.

Target pemain dalam permainan Blue Whale Challenge

Target pemain dalam permainan Blue Whale Challenge ini adalah orang yang labil yang dapat dihasut mengikuti serangkaian permaina n hingga melakukan aksi bunuh diri.

Isi dari permainan ini yakni pemain harus melakukan tantangan selama 50 hari penuh dan serangkaian tantangannya bersifat menyiksa para pemainnya, baik secara fisik maupun mental.

Tantangan diberi nama Blue Whale karena dianggap sesuai dengan perilaku paus yang mendamparkan diri ke pantai untuk mati. Dengan telah menyebarnya game Blue Whale Challenge tersebut ke negara-negara lain, pemerintah Rusia dan pihak kepolisian mulai menghimbau kepada para orang tua agar anak-anaknya tidak memainkan game tersebut.

(Visited 36 times, 1 visits today)