Part-Time Job Pangkas Pengangguran, Aussie Naik

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Tingkat Pengangguran Australia menurun ke level 5.7 persen pada bulan April. Hal ini adalah berkat terciptanya lebih dari 37,000 lapangan kerja, walaupun seluruhnya adalah pekerjaan paruh waktu (part-time job).Biro Statistik Nasional Australia (ABS) mencatat, sebanyak 37,400 pekerjaan telah ditambahkan dalam perekonomian pada bulan April lalu. Lapangan kerja purna waktu (full-time) memang merosot sebanyak 11,600, tetapi lapangan kerja paruh waktu justru bertambah hingga 49,000.

Total pertumbuhan lapangan kerja Australia dalam setahun terakhir mencapai 1.3 persen. Seperti yang dikhawatirkan oleh Bob Gregory, seorang ahli ketenagakerjaan Australia, ABS menyebut angka tersebut masih di bawah rata-rata pertumbuhan 20 tahun terakhir di angka 1.8 persen. Ditambahkan pula informasi bahwa dua pertiga dari pertumbuhan lapangan kerja Australia dalam setahun terakhir banyak disumbang oleh pekerjaan paruh waktu.

“Dalam 18 tahun terakhir, tren tingkat pengangguran masih relatif stabil, yakni di kisaran 5.7 – 5.8 persen,” ungkap Bruce Hockman, General Manager di Divisi Makroekonomi ABS. “Kami belum pernah melihat stabilitas semacam ini lagi sejak periode bulan Mei 2007 hingga Oktober 2008, tapi saat itu (tingkat pengangguran) masih di kisaran 4.2 sampai dengan 4.3 persen.” Total jumlah jam kerja untuk bulan April turun 0.3 persen. Sedangkan tingkat partisipasi–yakni proporsi orang-orang yang bekerja atau sedang aktif mencari pekerjaan–masih stabil di kisaran 64.8 persen.

Secara umum, para ekonom menanggapi data Ketenakerjaan Australia hari ini sebagai data yang positif. Salah satunya adalah Paul Dales dari Capital Economics. Menurutnya, pasar tenaga kerja masih hidup walaupun pertumbuhan ekonomi sedang sedikit melambat. Dales mengaku ragu jika tingkat pengangguran Australia akan kembali melonjak pesat, tetapi juga tidak mungkin akan merosot lebih jauh lagi.

Menanggapi laporan ini, Dolar Australia menguat. AUD/USD diperdagangkan di angka 0.7454, naik 0.31 persen dibandingkan dengan sesi perdagangan sebelumnya. AUD/NZD diperdagangkan di angka 1.0758, melonjak dari level 1.06950.

(Visited 15 times, 1 visits today)