Penipuan Model Baru di WhatsApp

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Ada penipuan model baru di WhatsApp. Penipuan ini mengklaim, pengguna harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan layanan messaging gratis tersebut.  Melalui Twitter, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka mendapatkan SMS yang seolah terlihat dikirimkan oleh WhatsApp. SMS tersebut menyatakan bahwa langganan sang pengguna telah habis. Pesan singkat itu juga mendorong pengguna untuk mengklik sebuah tautan dan membayar GBP0.99 (Rp17 ribu) untuk mendapatkan “langganan seumur hidup” dari WhatsApp, lapor Mirror.

Penipuan Gratis Kuota 50GB

Belakangan ini pesan berantai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel makin marak menyebar di WhatsApp. Pesan itu menyebutkan bahwa Telkomsel sedang membagikan gratis kuota 50GB di jaringan 4G. Berikut ini pesan berantai tersebut.

Kabar baik bagi pengguna Telkomsel
Dapatkan Data Internet Gratis 50GB 4G dengan telkomsel Sim untuk 90days,dengan suara terbatas memanggil. Klik di sini untuk mengaktifkan sekarang
? http://Telkomsel4G.ml

Beberapa kedok penipuan melalui WhatsApp

Modus dari penipuan ini, adanya pesan yang masuk ke WhatsApp dan pelaku mengaku sebagai teman. Pesan ini mengharuskan pengguna memberikan informasi personal.

Penipuan yang terjadi di pesan selanjutnya berupa pesan yang dibagikan. Namun, kenyataannya tidak ada.

Ini merupakan trik yang sering terjadi, bahkan sudah modus lama. Pelaku biasanya mengatakan sesuatu yang terlihat seperti pesan formal dan mengharuskan pengguna untuk mematikan akun.

Agak berbeda dengan modus sebelumya, penipuan ini mengirim pesan untuk mendapatkan kembali akun pengguna. Mereka pun diminta melakukan pembayaran.

Orang akan diminta untuk membayar untuk mengunduh versi WhatssApp terbaru yang biasa disebut Gold maupun Premium.

(Visited 72 times, 1 visits today)