Perangi Hoax, Facebook Gelar Program Jurnalis Online bagi Masyarakat

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

facebook

Saat bertemu dengan perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada hari ini, Selasa (14/2/17), Facebook mengungkap rencananya menghadirkan program jurnalistik untuk masyarakat.

Facebook akan menghadirkan program-program untuk masyarakat guna mendukung fokus memerangi hoax, melalui citizen journalistic atau yang mereka sebut Facebook JournalisticDirektur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pengerapan

Program edukasi dan literasi kepada masyarakat ini merupakan komitmen kedua yang disampaikan tim Facebook yang dipimpin oleh Global Head of Content Policy Facebook, Monica Bickert, kepada Kemenkominfo, mendampingi komitmen percepatan proses respon keluhan ini terkait konten berbahaya.

Hasil pembicaraan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika dengan pihak Facebook

Hasil pembicaraan dengan pihak Facebook menghasilkan dua kesepakatan yaitu mereview business proces yang selama ini dijalankan pihak Facebook dan mereview proses pengajuan konten yang benar-benar dianggap berbahaya bagi keselamatan orang atau keselamatan negara dan penanganannya.

Samuel berharap kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Facebook dalam menanggulangi berita hoax dan konten-konten negatif dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.

Kedepannya diharapkan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Facebook dalam menanggulangi hoax atau konten-konten negatif berdasarkan peraturan yang ada di Indonesia dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien dalam penanggulangannyaSamuel

Facebook Gelar Kursus Online untuk Jurnalis

acebook meluncurkan program pelatihan untuk para jurnalis. Kursus tersebut merupakan pelatihan online gratis yang terinspirasi dari percakapan dengan para editor dan jurnalis dari seluruh dunia yang meminta sebuah platform untuk bisa mempelajari produk, alat, dan layanan Facebookyang bisa digunakan dalam pekerjaannya.

Kursus itu akan tersedia melalui blueprint, program pelatihan global Facebook, dan fokus pada tiga pilar utama siklus berita, yaitu menemukan konten, membuat cerita, dan membangun kesadaran pembaca.

Manajer Kemitraan Jurnalisme Facebook Aine Kerr mengatakan, setiap modul berisi praktik-praktik terbaik dan panduan-panduan dari Facebook. Selain itu, modul menitikberatkan pada studi kasus jurnalis-jurnalis terbaik yang diharapkan dapat menginspirasi puluhan ribu jurnalis lainnya di dunia.

Kursus yang tersedia pada saat peluncuran akan mencakup, bagaimana jurnalis bisa memanfaatkan Facebook dan Instagram secara maksimal, serta kursus produk mengenai Facebook Live, video, dan foto 360, serta artikel instanAine Kerr
(Visited 37 times, 1 visits today)