Perkembangan Delapan Fitur LINE di Tanah Air Bantu Mereka Raih Pendapatan Terbesar

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Pada pertengahan tahun 2016 yang lalu, aplikasi chat LINE akhirnya berhasil masuk ke bursa saham New York dan Tokyo, alias melakukan IPO. Nilai awal penjualan saham mereka bahkan menjadi yang terbesar dibanding perusahaan teknologi lain yang juga masuk bursa saham di tahun tersebut.

Perjalanan Line Dalam Membesarkan Perusahaannya

Namun di akhir tahun 2016, LINE harus menerima kabar yang mengecewakan sekaligus menggembirakan. Pengguna aktif bulanan untuk layanan LINE yang semula berjumlah 220 juta, turun menjadi 217 Juta orang. Tapi di saat yang sama, pendapatan mereka justru naik ke angka US$1,2 miliar (sekitar Rp16 triliun) yang menjadi pendapatan tahunan terbesar sepanjang sejarah LINE.

Menurut LINE, pendapatan terbesar mereka didapat dari pemasangan iklan, seperti di Official Account, yang bisa mencapai empat puluh persen. Selain itu, mereka juga mendapat uang dari konten game (tiga puluh persen), penjualan stiker (dua puluh persen), serta dari penjualan merchandise karakter lucu yang mereka miliki (sepuluh persen). Di Indonesia sendiri, LINE mengklaim telah mempunyai 72 juta pengguna aktif dengan mayoritas di antaranya merupakan perempuan. Pada tahun 2017 ini, LINE berniat untuk memperluas jangkauan pengguna mereka ke luar kota besar di tanah air, serta menghadirkan lebih banyak informasi dan layanan. Hal itu diharapkan bisa membuat para pengguna terus setia menggunakan aplikasi mereka.

Berikut ini adalah perkembangan beberapa fitur LINE di Indonesia sepanjang tahun 2016 yang lalu :

Official Account LINE

Saat ini, telah ada sembilan puluh Official Account asal tanah air di LINE, yang terdiri atas 68 pemilik merek serta 22 selebritas. Uniknya, sepanjang tahun 2016 yang lalu, aplikasi chat asal Jepang tersebut juga mencoba menghubungkan para pemilik Official Account dengan produk bisnis yang mereka miliki. Hasilnya, kita bisa melihat Fitur pemesanan GO-JEK Lewat Line pada bulan Januari 2016, layanan pembelian pakaian lewat chat di Sale Stock pada pertengahan 2016, serta fitur pemesanan dan berbagai voucher Uber di bulan Desember 2016.

Webtoon

Platform yang berisi kumpulan komik ini kini telah mempunyai 35 juta pembaca bulanan aktif di seluruh dunia, dan 6 juta di antaranya berasal dari tanah air. Di Indonesia sendiri telah ada 60 komikus lokal yang menyumbang 55 karya di Webtoon. Dua komikus tanah air, Archie The Red Cat (dengan komik Eggnoid) dan Annisa Nisfihani (dengan komik My Pre-Wedding) bahkan telah mempunyai lebih dari 2 juta subscriber di platform tersebut.

LINE Games

Platform game milik LINE ini kini telah mempunyai koleksi 30 game, dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 2 juta orang. Di Indonesia sendiri, mereka mempunyai 500.000 pengguna aktif harian, serta menerima tambahan 10.000 pengguna baru setiap bulannya.

Stiker

Hingga saat ini, telah ada 58.000 kreator stiker asal Indonesia yang memproduksi sekitar 3.800 stiker. LINE menyatakan kalau sepanjang tahun 2016 yang lalu, ada 8,6 miliar stiker yang terkirim lewat platform mereka.

LINE Today

Diluncurkan pada bulan Februari 2016 yang lalu, agregator berita tersebut kini telah menjadi layanan dengan pertumbuhan paling cepat dibanding layanan LINE yang lain. Saat ini, telah ada tujuh puluh penyedia konten yang bergabung dengan LINE Today.

LINE Shopping

Platform yang diluncurkan pada tanggal 1 September 2016 yang lalu ini merupakan marketplace untuk para penjual yang menjajakan barang lewat LINE. Saat ini sudah ada 3.000 penjual yang ada di LINE Shopping, termasuk e-commerce elevenia, VIP Plaza, dan Q0010. Pengguna LINE Shopping hingga saat ini telah mencapai 5,6 juta orang, didominasi oleh wanita berusia di atas 20 tahun yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya. Dalam beberapa minggu ke depan, kami juga akan meluncurkan fitur pembayaran di dalam LINE Shopping,” tutur Ongki Kurniawan, Managing Director dari LINE Indonesia.

Untuk menghadirkan layanan pembayaran tersebut, LINE mengaku telah bekerja sama dengan layanan payment gateway DOKU. Para penjual nantinya akan didorong untuk bekerja sama dengan DOKU, agar pembeli tidak perlu lagi melakukan pembayaran lewat transfer bank secara manual seperti sebelumnya.

LINE Jobs

Meski baru diluncurkan pada bulan Desember 2016 yang lalu, saat ini telah ada sekitar 20.000 lowongan pekerjaan di platform LINE Jobs. Untuk mendorong jumlah lowongan yang ada, mereka bekerja sama dengan beberapa situs lowongan kerja, seperti HiredToday dan Jobs.id . Pada bulan Maret 2017 nanti, LINE berencana untuk menambahkan beberapa fitur, seperti tombol untuk langsung mengajukan lamaran, formulir untuk memasukkan informasi umum, serta dasbor yang bisa kamu gunakan untuk memantau jalannya proses perekrutan

LINE Academy

Salah satu fitur baru LINE di tahun 2016 yang lalu adalah LINE Academy. Lewat platform ini, LINE bekerja sama dengan startup pendidikan RuangGuru untuk menghadirkan beragam konten yang bersifat akademis. Konten yang dapat diakses dalam LINE Academy antara lain berupa kuis, video tutorial, informasi beasiswa, soal tryout ujian nasional, hingga live chat dengan para ahli terkait dunia pendidikan. LINE mengklaim bahwa pada saat ini, LINE Academy telah diakses oleh lebih dari 900.000 pengguna.

(Visited 32 times, 1 visits today)