Pertemuan Antara Ahli Fundamental Dan Ahli Teknikal

In Strategy Trading by Kia Pratiwi

Ed adalah seorang trader tren sejati dan juga sudah berpengalaman trading selama 20 tahun. Dia adalah trader yang “fanatik” menggunakan analisis teknis. Bahkan saking ahlinya dalam membaca chart, para ahli anlisis teknikal dengan bercanda menjuluki Ed sebagai “Si Bungkuk” akibat terlalu banyak menganalisa chart. Ed mengasumsikan bahwa berita fundamental tidak bisa digunakan sebagai patokan yang baik dalam menganalisa, karena pada saat berita dirilis kebanyakan harga di pasar sudah mengalami banyak perubahan. Oleh karena itu, terkadang kata “fundamental” diplesetkan menjadi “funny-mentals” atau “surprise-a-mentals” karena berita-berita yang dirilis seringkali mengejutkan. Namun, jika Anda menangkap news lebih awal, sebelum orang lain mengetahui data tersebut, maka Anda mungkin memiliki informasi “arah harga”.

Ed mengatakan prioritasnya dalam perdagangan antara lain adalah tren jangka panjang, grafik yang sedang terbentuk, dan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli. Sedangkan Bruce berpendapat bahwa analisa teknis memang mengagumkan dan sangat berguna, tetapi tidak berarti mengabaikan fundamental.Sangat penting untuk dicatat bahwa analisis teknis adalah metode yang kritis untuk memahami sejarah pergerakan pasar dan berguna untuk mengidentifikasi tren. Chart memang tidak menunjukkan kemana pastinya harga akan bergerak, namun historinya lah yang dianalisa. Nah, setelah menganalisa semua itu, kita tetap harus menggunakan intelejensi kita untuk memperhitungkan harga yang akan terjadi nantinya.

Analisis teknis dapat diibaratkan seperti mengetahui suhu pasien. Jadi hanya perkiraan saja. Dan bila diterapkan ke market, analisa tersebut dapat memberitahu Anda apakah pasar aktif, atau dingin dan tidak aktif. Pola-pola chart yang terjadi tidak akan pernah sama. Apa pun yang mempengaruhi pola grafik baru adalah sesuatu yang tidak biasa. Bruce juga mengatakan “Mempelajari grafik benar-benar penting dan mengingatkan saya akan perubahan trend.”

Dari situ, analisa fundamental-lah yang akan membantu untuk menunjukkan apakah nilai perdagangan akan meningkat atau menurun. Informasi ekonomi yang dirilis oleh sesuatu negara mempengaruhi segala bidang termasuk bidang Forex. Belanja konsumen, pengeluaran pemerintah, indeks biaya tenaga kerja, kebijakan pemerintah, kekhawatiran politik dan bahkan aktivitas tertentu dapat mempengaruhi pasar.

Singkatnya, fundamental akan menunjukkan arah harga. Sedangkan analisis grafik atau analisis teknis menunjukkan arah trend, sehingga teknikal dan fundamental itu saling mendukung satu sama lain.

Alasan mengapa analisis teknis begitu ditekankan adalah bahwa banyak trader menggunakan grafik untuk perdagangan dan pada waktu tertentu. Jadi jika Anda dapat membaca grafik dengan baik, Anda memiliki kesempatan mengetahui atau memprediksi pergerakan pasar. Sedangkan cara terbaik untuk belajar tentang faktor-faktor pengaruhnya dan seberapa kuat tekanan pergerakannya adalah dengan mempelajari data ekonomi yang dirilis oleh berita fundamental saat itu. Jadi, trader sebaiknya tidak meremehkan analisis manapun, karena informasi dari teknis maupun fundamental sama-sama penting untuk mendukung trading Anda.
(Visited 39 times, 1 visits today)