Ponsel Android Rp 400.000 Meluncur Bulan Ini?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Tahun lalu, Google memperkenalkan platform Android Go untuk perangkat-perangkat smartphone entry level berbanderol terjangkau.

Kabar terbaru yang beredar  awal 2018 menyebutkan bahwa smartphone Android Go akan mulai bermunculan bulan ini. Harganya disinyalir bakal dipatok di kisaran 30 dollar AS atau sekitar Rp 400.000.

Debut Android Go kemungkinan bakal dilakukan di India lewat perangkat dari sejumlah vendor lokal, termasuk Micromax, Intex, dan Karbonn, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (3/1/2018).

Menjalankan sistem operasi Android Oreo versi khusus

Sesuai fungsinya, Android Go ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Oleh karena itu, OS ini sudah didesain untuk berjalan optimal pada perangkat dengan RAM 512MB atau 1GB.

Google juga sudah mendukung kehadiran Android Go dengan menyiapkan versi ringan dari aplikasi besutannya, seperti YouTube, Gmail, Google Assistant, dan Google Maps.

Aplikasi untuk Android Go didesain dengan ukuran lebih kecil ketimbang versi reguler, sehingga tidak menghabiskan banyak memori perangkat. Namun, Google akan tetap melakukan peningkatan performa agar aplikasi bisa berjalan optimal.

Spesifikasi smartphone yang pas untuk OS Android Go menurut Google

Spesifikasi smartphone yang pas untuk OS Android Go menurut Google adalah smartphone yang memiliki RAM 1 GB atau kurang, memori terbatas, konektivitas belum mumpuni, dan CPU seadanya. Android Go diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat yang diistilahkan “Next Billion Users”, yakni mereka yang belum terpapar dunia maya sama sekali.

Jumlah mereka cukup besar, yakni setengah dari 7,6 miliar populasi manusia di dunia, atau sekitar 3,8 miliar jiwa. Salah satu tantangan mereka untuk menjadi masyarakat online adalah akses ke smartphoneyang masih terbatas karena harganya relatif mahal.

(Visited 34 times, 1 visits today)