Raksasa Tiongkok Ingin Beli Tokopedia?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Setelah sempat dirumorkan pada bulan Mei lalu, kabar terkait proses akusisi Tokopedia oleh JD kembali beredar. Raksasa e-commerce asal Tiongkok tersebut dilaporkan telah mengakuisis mayoritas saham Tokopedia. Menurut kabar yang berhembus, sebelumnya Tokopedia menjadi diincar oleh raksasa e-commerce Tiongkok lainnya, yaitu Alibaba. Alibaba sebelumnya dilaporkan telah mempersiapkan dana sebesar USD500 juta (Rp6,6 triliun) untuk meminang Tokopedia. Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, dan merupakan salah satu startup unicorn tersukses di Asia Tenggara, tidak heran jika Tokopedia menjadi incaran berbagai raksasa e-commerce global lainnya. Tahun lalu, Alibaba telah mengakuisisi Lazada, perusahaan e-commerce yang beroperasi di 6 negara, salah satunya Indonesia. Ketika itu, disebutkan, total nilai akuisisi mencapai USD1 miliar.

Alibaba yang juga merupakan raksasa e-commerce China

Selain JD.com, Alibaba yang juga merupakan raksasa e-commerceChina sempat diisukan berencana mengakuisisi Tokopedia. Nilai yang disiapkan Alibaba tak tanggung-tanggung, dikatakan mencapai 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,6 triliun. Lagi-lagi kabar itu mengambang tanpa ada kejelasan benar atau tidaknya.

Alibaba sendiri sudah lebih dulu mengakuisisi Lazada yang juga merupakan pemain besar di industri e-commerce Tanah Air. Jika melihat peta bisnis, sangat masuk akal JD.com berminat mencaplok Tokopedia. Pasalnya, Tokopedia merupakan e-commerce terbesar di Indonesia dan bahkan masuk jejeran startup unicorn se-Asia Tenggara.

(Visited 42 times, 1 visits today)