RBA: SoMP Mengangkat Perkiraan Inflasi Tetapi Pandangan Moderat Untuk Pekerjaan – Westpac

In Berita Fundamental Ekonomi by Della Fitriani

Bill Evans, Analis Riset di Westpac, menjelaskan bahwa hanya ada perubahan kecil dalam ramalan Reserve Bank untuk pertumbuhan, inflasi, dan pengangguran dalam Pernyataan Bulan Mei tentang Kebijakan Moneter. Kutipan Kunci "Meskipun beberapa serangan skizofrenia selama tiga bulan terakhir (pertumbuhan di 2018 di atas 2017; pertumbuhan di atas tren) Bank telah mempertahankan perkiraan pertumbuhannya 3% pada tahun hingga Desember 2018 dan 3% pada tahun hingga Desember 2019. ” “Selain itu, meskipun Pemerintah kemungkinan akan memperkirakan pertumbuhan PDB rata-rata tahun sebesar 3% di 2018/19 dan 2019/20 (akan diumumkan dalam anggaran minggu depan pada 8 Mei), Reserve Bank telah bertahan dengan 3 lebih optimis ¼ per sen dalam kedua tahun.

Beberapa dukungan untuk prospek pertumbuhan yang percaya diri ini relatif terhadap Februari adalah bahwa prakiraan tersebut mencakup lebih banyak kondisi keuangan stimulasi dengan AUD TWI 3% lebih rendah daripada di bulan Februari dan suku bunga tidak diperkirakan akan naik sampai pertengahan tahun depan. ” “Perkiraan untuk inflasi yang mendasar telah diangkat untuk tahun ini hingga Juni 2018 (1 ¾ persen hingga 2 persen) dan tahun hingga Desember 2018 (1 ¾ persen hingga 2 persen). Semua perkiraan lain untuk inflasi yang mendasari tetap sama pada 2 persen untuk tahun ini hingga Desember 2019 dan 2 ¼ persen untuk tahun hingga Juni 2020. ”

Kesimpulan Perkiraan Inflasi

  1. Perkiraan inflasi dan perkiraan pengangguran tampak agak tidak konsisten. Pengakuan yang wajar atas perlambatan pertumbuhan lapangan kerja tahun ini mungkin lebih konsisten dikomunikasikan jika perkiraan inflasi belum meningkat. Secara khusus, tampaknya sedikit aneh untuk mengharapkan inflasi yang mendasari untuk mencetak 2% dari basis 1,3% selama 9 bulan terakhir.
  2. Bank menyadari dinamika kunci yang menantang ekonomi Australia. Ini adalah sekitar pertumbuhan pendapatan rumah tangga yang lemah pada saat tingkat hutang sangat tinggi; jatuhnya harga rumah; pengetatan kondisi keuangan; dan ketidakpastian di sekitar tingkat pekerjaan penuh yang sebenarnya. Pernyataan tersebut memberikan sedikit kenyamanan bahwa ada interpretasi yang percaya diri dan solusi untuk risiko ini.
  3. Bahkan, kesimpulan dalam bab pembukaan dari pernyataan bahwa "jika ekonomi terus berkinerja seperti yang diharapkan, suku bunga yang lebih tinggi cenderung tepat pada titik tertentu" tidak meyakinkan. Masalah dengan kesimpulan itu adalah bahwa pembacaan yang dekat dari Pernyataan mengungkapkan ketidakpastian yang cukup besar di sekitar persis bagaimana kinerja ini akan bermain keluar.
  4. Westpac kurang nyaman dibandingkan dengan Bank Dunia mengenai bagaimana risiko ini akan berkembang, dengan pelunakan pendapatan rumah tangga, pengetatan kondisi keuangan dan pasar aset lunak semua menunjuk pada inflasi jinak dan tekanan upah dengan tingkat pengangguran terjebak jauh di atas tingkat pekerjaan penuh.
  5. Kami masih mencari penjelasan yang meyakinkan tentang mengapa Bank akan melihat perlunya memperketat kebijakan selama 2018 dan 2019. ”
(Visited 16 times, 1 visits today)