RBNZ Tak Berniat Potong Suku Bunga, NZD Melompat Lalu Turun Lagi

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Dolar New Zealand menyambangi level rendah tiga minggu di sesi perdagangan Kamis (10/Agustus) pagi tadi, setelah diumumkannya kebijakan Bank Sentral New Zealand (RBNZ). Suku bunga RBNZ pada bulan Agustus ini dipertahankan di kisaran 1.75 persen, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Meski tetap memberikan proyeksi bahwa tingkat suku bunga tersebut akan dipertahankan, akan tetapi RBNZ mengindikasikan bahwa pihaknya masih mengekspektasikan kenaikan suku bunga OCR tahun depan. Hal ini mematahkan sentimen dovish yang sebelumnya muncul, dengan memperkirakan RBNZ akan menurunkan suku bunganya tahun depan.

Gubernur RBNZ, Graeme Wheeler, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi diekspektasikan akan naik dalam beberapa bulan ke depan. Kondisi itu didukung oleh tingginya migrasi, rendahnya suku bunga, dan outline belanja negara pada bulan Mei. Gubernur bank sentral yang akan mengakhiri jabatannya bulan depan tersebut menambahkan, inflasi tampaknya akan menurun dan outlook inflasi bahkan sudah lemah. Meski demikian, ia merasa belum perlu untuk memotong suku bunga demi mengerek inflasi kembali ke target 2 persen.

Di samping itu, Wheeler mencatat bahwa kuatnya pertumbuhan domestik telah mendorong permintaan terhadap Dolar New Zealand. Dolar New Zealand terpantau telah menguat hingga hampir 4 persen sejak bulan Juni. Akan tetapi, hal ini dianggap tak baik bagi perkembangan perekonomian ke depan “Kami ingin nilai tukar yang lebih rendah,” kata Wheeler, sebelum memberikan peringatan bahwa intervensi ke pasar forex merupakan hal yang ‘selalu mungkin’ untuk dilaksanakan oleh RBNZ.

NZD/USD mendaki puncak 0.7368 begitu RBNZ merilis kebijakan moneternya. Akan tetapi, pair tersebut segera berbalik turun setelah Gubernur Wheeler menyampaikan pernyataan kebijakannya satu jam setelah rilis, yang diikuti dengan testimoni di hadapan parlemen New Zealand.

Informasi
Saat berita ini ditulis, NZD/USD sudah terjun menyapu bersih kenaikannya pagi tadi, dengan diperdagangkan di angka 0.7300.
(Visited 27 times, 1 visits today)