Retail Sales AS Catat Penurunan Terbesar 6 Bulan, Greenback Melemah

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Penjualan Ritel AS secara tidak terduga turun pada bulan Agustus, kemungkinan besar disebabkan oleh karena dampak Badai Harvey yang berpengaruh negatif terhadap pembelian kendaraan bermotor. Greenback lantas melemah cukup dalam versus major currency di awal sesi New York malam ini.

Retail Sales yang dipublikasikan oleh Departemen Perdagangan menunjukan telah terjadi penurunan sebesar -0.2 persen pada bulan lalu, mencatatkan penurunan terbesar dalam enam bulan. Sementara itu Retail Sales Juli direvisi turun dari kenaikan 0.5 persen menjadi 0.3 persen. Data Penjualan Ritel yang rilis malam ini berada dibawah ekspektasi ekonom (naik 0.1 persen). Sementara itu data Core Retail Sales atau diluar sektor otomotif masih mencatatkan kenaikan 0.2 persen (estimasi naik 0.5 persen) dan data bulan Juli direvisi turun menjadi 0.4 persen.

Penjualan kendaraan bermotor anjlok 1.6 persen bulan lalu, menjadi penurunan terbesar sejak Januari. Badai Harvey yang menerjang Texas akhir Agustus lalu merupakan salah satu penyebab turunnya angka penjualan otomotif. Meski terjadi penurunan, bagaimanapun penjualan otomotif diharapkan mendapatkan dorongan akibat banyaknya warga AS harus menganti mobil mereka yang rusak akibat banjir. Secara keseluruhan, Retail Sales telah tumbuh 3.2 persen YoY hingga bulan lalu.

Dampak Badai Harvey juga mempengaruhi data Output Industri AS Agustus yanga mencatatkan penurunan terbesar sejak Januari. Kerusakan yang ditimbulkan oleh Badai membuat banyak pabrik pabrik harus tutup dan melemahkan permintaan di kawasan Timur AS. Secara keseluruhan, output industri turun -0.9 persen pada bulan Agustus (estimasi naik 0.1 persen) dan data Juli direvisi naik dari 0.2 persen menjadi 0.4 persen.

Note :
Pada pukul 21:20 WIB tadi malam, Greenback bergerak melemah terhadap major currency. EUR/USD berada di level 1.1964; GBP/USD berada di level 1.3585 dan USD/CHF berada di level 0.9595.
(Visited 19 times, 1 visits today)