Risiko Nilai Tukar: Eksposur Ekonomi

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

Ekspektasi Ekonomi atau Operasi

Perusahaan terkena tiga jenis risiko yang disebabkan oleh volatilitas mata uang:
  • Eksposur transaksi – Hal ini timbul dari efek fluktuasi nilai tukar terhadap kewajiban perusahaan untuk melakukan atau menerima pembayaran dalam mata uang asing di masa depan. Jenis pemaparan ini bersifat jangka pendek hingga menengah.
  • Pemaparan secara langsung – Paparan ini timbul dari pengaruh fluktuasi mata uang terhadap laporan keuangan konsolidasi perusahaan, terutama bila perusahaan tersebut mempunyai anak perusahaan di luar negeri. Jenis eksposur jangka menengah hingga jangka panjang.
  • Paparan ekonomi (atau operasi) – Ini kurang dikenal dibandingkan dua sebelumnya, namun merupakan risiko yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh fluktuasi mata uang yang tak terduga terhadap arus kas dan harga pasar perusahaan, dan bersifat jangka panjang. Dampaknya dapat menjadi substansial, karena perubahan nilai tukar yang tidak diantisipasi dapat sangat mempengaruhi posisi kompetitif perusahaan, meskipun tidak beroperasi atau menjual ke luar negeri. Misalnya, produsen furnitur A.S. yang hanya menjual secara lokal masih harus bersaing dengan impor dari Asia dan Eropa, yang mungkin akan lebih murah dan dengan demikian lebih kompetitif jika dolar menguat secara nyata.

Perhatikan bahwa eksposur ekonomi berkaitan dengan perubahan nilai tukar yang tidak terduga – yang menurut definisinya tidak mungkin diprediksi – karena manajemen perusahaan mendasarkan anggaran dan prakiraan mereka pada asumsi nilai tukar tertentu, yang merupakan perubahan kurs mata uang yang mereka harapkan. Selain itu, sementara eksposur transaksi dan terjemahan dapat diperkirakan secara akurat dan oleh karena itu dilindung nilai, eksposur ekonomi sulit diukur secara tepat dan akibatnya adalah tantangan untuk melakukan lindung nilai.

(Visited 42 times, 1 visits today)