Sejauh Mana Kemampuan Trading Anda ?

In Tips Trading by Della Fitriani

ilustrasi-orang-berpikir

Banyak traders yang saya temua, sudah lama bergelut dalam dunia trading dan bahkan trading sudah menjadi suatu pekerjaan tetap mereka. Pada umumnya, traders yang seperti itu sudah mahir dan punya strategi trading tersendiri. Ada pula yang mulai menjadi penyedia sinyal, penyedia EA, IB, bahkan menjadi manager pada akun PAMM. Mereka tidak hanya ingin mendapat keuntungan dalam trading sendiri saja, tapi biasanya dengan mentradingkanm dana orang lain dan memberi keuntungan pada orang lain akan memberi popularitas pada mnereka. Sehingga apa yang mereka jual akan laku di pasara para trader pemula dan yang belum mahir. Jadi, sudah sejauh mana kemampuan anda dala trading di bandingkan dengan trader yang lain ? Tidak kah anda pernah berfikir untuk mengukur tingkat kemampuan trading anda ? Berikut beberapa trik untuk anda dapat mengukur tingkat kemajuan trading anda.

Trik untuk menguji kemampuan trading

  • Berapa ukuran sukses dalam trading ?

    Hampir 95% trader pasti berpendapat bahwa sukses dalam trading diukur dari hasil akhir trading yang menguntungkan, dengan keuntungan yang selalu lebih besar dari waktu ke waktu.5% lainnya ada yang menganggap trading sebagai penyeimbang aktivitas pekerjaan sehari-hari.Tetapi secara umum besarnya keuntungan merupakan tolok ukur keberhasilan dalam trading.

  • Apa yang dimaksud kemajuan dalam trading ?

    Trader pemula sudah pasti tidak bisa mengharap hasil yang instan atau dalam waktu singkat. Tingkat kemajuan dalam trading diukur dari pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka peroleh untuk menghasilkan hasil trading konsisten, tidak berubah-ubah dengan drastis. Trader yang bisa mengikuti perkembangan dan proses dalam trading akan mengetahui tingkat kemajuan (progess) trading yang telah dilakukannya, meski tidak harus membandingkannya dengan trader lain.

  • Berapa lama waktu untuk berhsil dalam trading ?

    Tidak ada jawaban yang pasti. Meski Anda telah belajar dengan sangat baik analisa fundamental maupun teknikal, namun tidak menjamin Anda pasti akan menghasilkan keuntungan terus-menerus, atau hasil akhir trading yang profitable. Ada trader yang bisa mencapainya dalam 1 atau 2 tahun, tetapi ada juga yang hingga puluhan tahun. Tidak ada batasan waktu atau usia untuk belajar memahami trading. Yang pasti Anda harus bisa terus bertahan di pasar untuk bisa mencapai sukses.

  • Bolehkan menyerah, dan menyadari bahwa forex bukan bisnis yang tepat untuk anda

    Tidak ada jawaban yang pasti. Jika aktivitas trading membuat Anda begitu terbeban dan menderita hingga kebiasaan Anda berubah total maka Anda bisa mempertimbangkan untuk tidak lagi trading, atau setidaknya berhenti untuk sementara. Yang perlu diketahui adalah Anda tidak harus memaksakan diri untuk trading dengan menggunakan dana untuk hidup sehari-hari, atau hasil pinjaman. Faktor tersebut biasanya menjadi pemicu beban Anda.

  • Apa yang harus anda lakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan trading anda?

    Cara yang bisa anda gunakan untuk mengukur kemajuan trading adalah dengan melihat persentasi profit (winning trades) dalam trading secara keseluruhan. Trader profesional pada umumnya memiliki winning trade sekitar 40%, atau 4 kali loss dalam 10 kali trade. Anda bisa memperbaiki hasil akhir trading dengan belajar menerapkan money management yang efektif. Guna mempermudah evaluasi hasil trading, usahakan untuk membuat dan selalu meng-update jurnal trading anda.

(Visited 34 times, 1 visits today)