Sektor Energi Menggerakkan Pemulihan Ekonomi Kanada

In Berita Fundamental Ekonomi by Della Fitriani

Pemulihan sektor energi mendorong ekonomi Kanada pada bulan Mei, memberi negara tingkat pertumbuhan tercepat sejak Oktober 2000, menurut sebuah laporan baru oleh The Canadian Press.

Statistik Kanada telah memperkirakan lonjakan produk domestik bruto riil sebesar 0,2 persen di bulan Mei, namun ekonomi tumbuh sebesar 0,6 persen sebagai gantinya. Tingkat pertumbuhan yang tinggi meningkatkan kemungkinan bahwa Bank of Canada akan menaikkan suku bunga pada bulan September.

Bank of Canada menaikkan suku bunga utama menjadi 0,75 persen awal bulan ini. Lonjakan tersebut merupakan langkah pertama sejak 2010, hanya beberapa tahun setelah resesi ekonomi global.

“Sementara itu, headline yang sangat mengesankan hadir dengan sebuah peringatan – Mei lalu tertekan oleh kebakaran hutan di Alberta – bahkan tidak termasuk faktor tersebut yang membuat tren pertumbuhan di atas tiga persen,” “Sementara headline ledakan tidak diragukan lagi membesar-besarkan kekuatan pertumbuhan yang mendasarinya, faktanya adalah setiap kejutan besar bagi perekonomian tahun ini telah meningkat,”Doug Porter, ekonom Bank of Montreal, menulis dalam sebuah catatan untuk Klien minggu ini, mengacu pada tingkat pertumbuhan PDB tahunan.

Pemulihan pengeboran di Kanada dapat ditelusuri oleh hitungan rig Baker Hughes

Pemulihan pengeboran di Kanada dapat ditelusuri oleh hitungan rig Baker Hughes, yang telah meningkatkan jumlah orang Kanada dengan angka dua digit dalam beberapa pekan terakhir. Negara tersebut menambahkan 15 rig minyak dan gas pekan lalu dan menambahkan 14 rig lainnya minggu ini. Dari 14 rig baru yang aktif minggu ini di Kanada, 11 adalah rig minyak. Rig minyak di Kanada sekarang berdiri di 129, naik 60 pada tahun ini.

Awal bulan ini, kebakaran hutan mengancam jalur pipa Kinder Morgan Trans Mountain di British Columbia, yang mendorong perusahaan tersebut untuk melakukan “tindakan pencegahan” untuk melindungi proyek infrastruktur. Api telah mempengaruhi operasi pertambangan dan kehutanan di daerah tersebut.

(Visited 49 times, 1 visits today)