Serangan Ransomware Bisa Jadi Awal Serangan-Serangan Berikutnya

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Staf bidang teknologi di seluruh dunia bekerja sepanjang waktu akhir pekan ini untuk melindungi komputer dan menambal jaringan komputer untuk menghalangi peretasan komputer yang namanya tampak seperti judul lagu pop – “WannaCry” – saat para analis memperingatkan serangan global ransomware bisa jadi hanya awal dari gelombang baru serangan oleh kriminal komputer.

AS hanya terdampak relatif kecil dari ransomware yang muncul pada puluhan ribu sistem komputer di seluruh Eropa hingga Asia, mulai hari Jum’at. Para pakar keamanan komputer tetap waspada, bagaimanapun juga, dan menekankan ancaman akan terus ada.

Berlawanan dengan pernyataan beberapa perusahaan keamanan di Eropa, seorang peneliti di perusahaan Tripwire yang ada di Pantai Barat AS mengatakan Sabtu sore bahwa kemungkinan serangan akan berkurang.

Tampaknya berangsur-angsur menghilang. Saya harap begituTravis Smith dari Tripwire.

Penyebaran ransomware WannaCry  menimbulkan kekhawatiran besar. Bagaimana tidak, program jahat ini bisa masuk diam-diam ke komputer tanpa diketahui, lantas mengenkripsi data di dalamnya sehingga komputer terkunci dan tidak bisa dipakai.

WannaCry pun tak pandang bulu dalam menyerang korban. Sejumlah rumah sakit di Indonesia dibuat kesulitan memberikan layanan medis karena komputernya dikunci oleh sang ransomware.

Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) M. Salahuddin mengungkapkan potensi penyebaran ransomware WannaCry masih terbuka di Indonesia lantaran kejadian awalnya berlangsung di akhir pekan, saat sebagian kantor sedang libur dan mematikan komputer.

Begitu komputer kembali dinyalakan nanti, maka WannaCry bisa menyusup masuk ke komputer dan meluas di jaringan tanpa diketahui.

Justru kekhawatirannya karena ini long weekend, pada tidak sadar sudah terinfeksi dan ketika Senin pada aktif, jadi bencana yang meluasDidin

Cara Menangkal Rasomware dari KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

  • Cabut Kabel LAN/WifiLakukan Backup DataUpdate Anti-VirusUpdate security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct
  • Update sekuriti Windows dengan memasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh di tautan berikut. Pengguna Windows XP disarankan agar mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS lawas ini sudah tidak mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.
  • Jangan mengaktifkan fungsi macros
  • Non aktifkan fungsi SMB v1.
  • Blokir port 139/445 dan 3389.
  • Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.
  • Selalu backup file penting di komputer dan simpan di tempat lain, jika memungkinkan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet.
(Visited 21 times, 1 visits today)