Siapa Samuel Johnson yang Jadi Google Doodle Hari Ini

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Google, lewat Google Doodle, pada Senin ini, 18 September 2017, menghadirkan tokoh Samuel Johnson. Ia digambarkan sebagai “tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah kesusastraan Inggris”. Google menghormati tokoh ini terkait dengan ulang tahunnya yang ke-308.

Ia dikenal sebagai penyair, esais, moralis, kritikus sastra, editor, biografer, dan terutama leksikografer. Dalam google doodle, peran sebagai leksikografer itu yang ditekankan. Istilah leksikografer oleh google doodle diartikan sebagai “penulis atau pekerja keras yang menyibukan dirinya dengan melacak makna asli dan terperinci dari makna kata-kata”.

Ya, jasa Samuel Johnson yang tak akan terlupakan adalah dalam hal penyusunan kamus. Ia menerbitkan kamusnya yang berjudul “Johnson’s: A Dictionary of the English Language” pada 1755 setelah menggarapnya selama 9 tahun. Kamus tersebut sangat kolosal dan memiliiki ketebalan 46 sentimeter. Kamus buatannya itu menjadi rujukan utama sampai akhirnya Oxford English Dictionary terbit 150 tahun kemudian.

Karya Johnson itu digambarkan sebagai salah satu pencapaian terhebat dari seseorang untuk ilmu pegetahuan. Buah pemikirannya itu bahkan masih bisa dinikmati hingga zaman Inggris modern saat ini. Johnson lahir pada 18 September 1709 dan meninggal pada 13 Desember 1784 pada usia 75 tahun. Untuk menghormati jasa-jasanya, Patung Samuel Johnson didirikan pada tahun 1838 di seberang rumah tempat ia dilahirkan di Lichfield’s Market Square di Staffordshire, Inggris. Ada pula patungnya yang didirikan di London dan Uttoxeter.

Note :
Oxford Dictionary of National Biography bahkan mendeskripsikan dia sebagai sosok yang menjadi pembeda dalam perbendahraan huruf kamus Inggris. Untuk mengenang sosok yang namanya menjulang seperti itu pula Google menjadikan Johnson sebaga google doodle. edit as needed.
(Visited 14 times, 1 visits today)