Strategi Trading Emas Dalam 5 Menit

In Strategy Trading by Kia Pratiwi

Trading jangka pendek memang bisa menjadi pilihan bagi para trader yang ingin meraup profit dalam waktu singkat. Bila Anda termasuk tipe trader agresif yang cocok dengan karakter trading jangka pendek, maka Anda bisa mempertimbangkan penggunaan strategi trading emas 5 menit yang dikembangkan oleh rozeweb, salah satu member di forum ForexFactory, dibawah ini.

Metode teknikal yang digunakan adalah

Strategi Breakout

Metode trading dengan memanfaatkan breakout harga banyak dicari dan digunakan oleh sebagian besar trader karena dapat memberikan profit maksimal dari kondisi harga yang sedang trending. Salah satu alat bantu analisa yang bisa dimanfaatkan untuk strategi ini adalah trendline. Trendline tidak hanya mudah digunakan, namun cukup efektif dalam memberikan sinyal trading. Garis tren yang terbentuk pada chart bisa difungsikan sebagai support dan resistance, yang berperan sebagai level pembatas untuk mensinyalkan breakout ketika harga menembus trendline.

Berikut ini tahap-tahap menerapkan strategi trendline:
  • Menggambar Trendline

    Tidak ada aturan baku yang mengharuskan Anda untuk menggambar trendline dengan syarat-syarat tertentu. Perangkat analisa teknikal yang satu ini memang sangat subjektif penggunaannya. Anda bebas menghubungkan titik-titik high dan low dari posisi manapun yang Anda kehendaki. Nah, di strategi trading emas 5 menit ini, ada satu rekomendasi penarikan trendline yang cukup logis untuk diterapkan.

  • Mencari titik entry

    Setelah menetapkan trendline, Anda tinggal menunggu break harga dari garis tren tersebut. Tapi tunggu dulu, perhatikan bagaimana bentuk candle saat harga menembus trendline. Semakin besar candle yang terbentuk, maka semakin besar peluang profit Anda.

  • Menentukan titik exit

    Setelah memperoleh posisi entry yang potensial dengan sinyal breakout dari trendline dan bentuk candle, sekarang Anda tinggal mencari titik stop loss dan take profit sebagai posisi exit.

  1. Menetapkan take profit 10 pip di setiap order.
  2. Take profit disesuaikan dengan jarak stop loss dari level entry, sehingga memastikan rasio laba rugi 1:1. Anda juga bisa menyesuaikan take profit dengan perhitungan rasio laba rugi Anda sendiri.
  3. Take profit ditempatkan pada higher high atau lower high sebelumnya.
  4. Take profit ditentukan dari support atau resistance berikutnya.
  5. Sesuaikan take profit dengan money management dan pergerakan harga. Cara ini adalah yang paling dianjurkan karena bisa menghindarkan Anda dari loss dan meringankan beban psikologis. Contohnya seperti ini, Anda menetapkan stop loss 15 pip dan take profit 30 pips, dengan aturan rasio laba rugi 2:1. Ketika harga sudah bergerak sesuai arah prediksi Anda sebanyak 15 pip, Anda bisa memindahkan stop loss ke level entry agar posisi tersebut paling tidak bisa ditutup breakeven. Dengan demikian, skenario terburuk dari order tersebut adalah tidak ada profit yang diperoleh. Hal ini dapat membuat Anda lebih tenang dalam melihat flukktuasi harga yang tidak menentu saat posisi Anda masih terbuka.

Secara teknikal, strategi di atas mungkin cukup menjanjikan untuk diterapkan. Namun, ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mempraktekkan strategi trading emas 5 menit secara real:

  • Cara trading jangka pendek memang bisa mendatangkan hasil dalam waktu cepat, namun juga sering dikatakan beresiko tinggi. Menganalisa pergerakan harga secara mendalam dan mencari momen entry yang tepat memang lebih sulit dilakukan dalam jangka pendek. Oleh karena itu, jangan langsung menggunakan strategi ini di akun real. Ujilah dulu efektivitasnya di akun demo.
  • Bila Anda sudah melakukan test strategi dan berencana menggunakannya untuk trading secara real, pastikan bahwa Anda akan menerapkan aturan-aturan strategi secara konsisten. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek psikologis yang akan lebih terasa bila Anda bertrading dalam jangka pendek.
  • Tipe trading ini bergantung pada tingginya volatilitas, sehingga saat pasar sedang kalem bisa membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk mencapai target profit.
(Visited 24 times, 1 visits today)