Sudah Punya 60 Juta Pelanggan, Spotify Bakal IPO

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Spotify mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan 60 juta pelanggan berbayar. Spotify berencana untuk melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun ini, kemungkinan, pada kuartal keempat. Pada bulan Maret, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan 50 juta pelanggan berbayar. Itu artinya, dalam waktu kurang dari 5 bulan, mereka berhasil mendapatkan 10 juta pelanggan berbayar baru. Sementara per bulan September tahun lalu, Spotify melaporkan bahwa mereka telah mendapatkan 40 juta pelanggan berbayar, lapor 9to5Mac.

Jumlah pelanggan berbayar Spotify hampir mencapai setengah dari total pengguna

Jumlah pelanggan berbayar Spotify hampir mencapai setengah dari total pengguna. Spotify pada bulan lalu mengklaim memiliki 140 juta total pengguna. Adapun pencapaian baru Spotify ini kian menguatkan posisinya di ranah streaming music. Spotify jauh lebih unggul dibandingkan salah satu rival utamanya, Apple Music, yang saat ini memiliki 27 juta pelanggan berbayar. Di tengah popularitasnya, Spotify beberapa waktu belakangan dilaporkan tengah mematangkan rencana untuk melantai di bursa saham. Namun juru bicara Spotify menolak mengomentari rumor yang menyebutkan Spotify akan menggelar Initial Public Offering (IPO) secepatnya pada kuartal IV 2017.

Spotify bersiap-siap untuk melakukan “direct listing”, di mana perusahaan bermaksud untuk go public tanpa melakukan IPO. Dengan cara itu, orang dalam, bukan perusahaan, akan menjual saham ke pasar saham. Ini adalah langkah yang sangat tidak biasa dan mengundang skeptis yang luas. Sementara banyak perusahaan takut dengan proses IPO – dengan para bankir mengumpulkan investor institusi dan menentukan harga untuk peluncuran – ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan uang bagi perusahaan.

(Visited 23 times, 1 visits today)