Sukses Dengan Piala Presiden, Indonesia Bakalan Menjadi Tuan Rumah Di Asean Games 2018

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018, secara resmi dikenal sebagai Asian Games XVIII, adalah edisi ke-18 dari acara multi event olahraga regional Asia yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018.Event olahraga ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta tahun 1962. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus.

Satu tahun lagi Asian Games 2018 akan berlangsung di Indonesia. Jakarta dan Palembang akan menjadi dua kota utama tempat terselenggaranya pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Menurutnya, keberhasilan acara final yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, menggambarkan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games mendatang.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 atau Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) menyatakan, Palembang sangat siap Asian Games 2018. Indikatornya adalah sejumlah infrastruktur olahraga maupun pendukungnya diklaim sudah oke.
Koordinator Government Relation Pelaksana INASGOC, Raja Parlindungan Pane, menyebut pihaknya telah melakukan survei langsung pada sejumlah fasilitas seperti venue atau arena pertandingan maupun atlet village yang nantinya jadi tempat tinggal para atlet dari 45 negara. Berbeda dengan Asian Games sebelumnya, Indonesia cuma diberi waktu empat tahun untuk persiapan menyusul langkah Vietnam menarik diri dari status tuan rumah 2014 silam.Salah satu tantangan terbesar adalah menyiapkan modal transportasi yang bisa membawa para atlit ke arena olahraga tanpa terjebak arus macet. Seorang pejabat kepolisian mempertimbangkan akan menggunakan jalur busway untuk mengangkut atlit. Namun hingga kini belum ada keputusan akhir terkait masalah tersebut.



(Visited 29 times, 1 visits today)