Sumbang Aceh, Padang kirim 1 Ton Rendang

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

peduli-aceh

Warga di Sumatera Barat ikut berduka atas gempa 6,5 skala Richter (SR) di Aceh yang merenggut 100 orang korban jiwa. Pemprov Sumbar pun mengirim bantuan logistik termasuk 1 ton rendang untuk korban gempa di Serambi Makkah.

“Kalau mi instan sudah banyak yang memberikan bantuan itu, maka kita putuskan memberikan bantuan rendang sebanyak 895 kilogram dan besok akan disalurkan lagi, jadi rencananya sebanyak 1 ton untuk korban gempa,”kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

Ia berharap bantuan ini akan bermanfaat, terutama untuk 11.000 ribu warga yang mengungsi. Menurutnya pemilihan rendang karena saat ini masih tanggap darurat sehingga kebutuhan logistik sangat dibutuhkan.

“Rendang juga kuliner yang awet. Mudah-mudahan bisa membantu pengungsi selama beberapa hari,” katanya.

Sebagaimana diketahui, rendang ialah simbol masakan Padang. Di samping itu, sambung Irwan, rendang teruji sebagai makanan yang tak cepat basi. Teknis pemberian bantuan tersebut masih dimatangkan dalam rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Sumbar. Menurut keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Povinsi Sumbar R Pagar Negara, pengiriman rendang ke Aceh disepakati dalam rapat itu. Setiap orang atau staf di OPD menyumbang 1 kilogram rendang yang akan dikumpulkan langsung oleh OPD terkait. Kemudian, BPBD akan menginventarisasi semua bantuan.

Bantuan lain dari Padang

Sementara untuk uang bantuan, Rp100 juta marupakan bantuan dari Baznas Sumbar dan Rp350 juta dari Pemprov Sumbar. Sekretaris BPBD Sumbar Eliyusman bersama Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Pagar Negara mengatakan bersama iringan bantuan ikut enam orang personel BPBD dan empat dari PMI.

“Bantuan juga menyertakan dua unit mobil tangki air masing-masing kapasitas 5000 liter,” katanya.

Sebelumnya juga telah dikirimkan 10 tenaga kesehatan dari RS M. Djamil diantaranya dua asisten residen, empat perawat mahir, dan empat ahli ortopedi.

Selain untuk Aceh, sekaligus dikirimkan bantuan untuk bencana banjir di Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat serta bantuan longsor di Kabupaten Agam. Tim bantuan untuk Aceh akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit.

(Visited 30 times, 1 visits today)