Syarat agar Telegram Kembali Bisa Diakses

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Telegram kini sudah bisa kembali diakses setelah diblokir selama hampir satu bulan. Keputusan ini diambil oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika setelah Telegram setuju untuk memenuhi beberapa permintaan pemerintah terkait penanganan konten negatif, khususnya terkait terorisme dan radikalisme.

Ada 4 poin yang dibahas oleh Kominfo bersama Telegram. Pertama, terkait contact point. Saat ini, perusahaan aplikasi messaging asal Rusia itu telah menunjuk seorang perwakilan sebagai contact point di Indonesia. Kedua, Kominfo dan Telegram membahas tentang prosedur standar operasional (SOP) terkait penanganan konten negatif.

Telegram juga diminta membuat penapisan atau filter terhadap konten radikal dari dalam aplikasi mereka. Pemerintah memberikan panduan, tinggal dilaksanakan oleh Telegram. Penapisan bisa dilakukan dengan self sencoring menggunakan script-script tertentu.

Telegram juga diminta membuat penapisan atau filter terhadap konten radikal

“Self cencoring enggak 100 persen nanti kalau ada yang bocor-bocor nanti ada komunikasi lagi. Yang penting ada keinginan dari semua pihak untuk memitigasi agar tidak terpapar konten negatif, masyarakat juga senang,”Rudiantara

Kemenkominfo memang fokus memblokir Telegram versi web karena memungkinkan menjalin diskusi lebih lengkap. Versi web memungkinkan para pengguna Telegram berdiskusi lebih panjang.

Pertemuan CEO Telegram Pavel Durov dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

Dalam pertemuan Pavel bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membahas SOP yang akan dirumuskan jika Telegram sudah dapat kembali diakses oleh masyarakat Indonesia.

“Tadi rapatnya untuk menyiapkan SOP untuk bagaimana berkomunikasi dengan pihak Telegram. Jadi nanti kalau SOP-nya udah dibuat, udah ada contact person-nya siapa dan service level-nya berapa lama,”
Read more at https://www.tempo.co/read/news/2017/08/01/078896263/enkripsi-telegram-tetap-tidak-bisa-diakses-kominfo#dDTVAHEfKUPSoODD.99
(Visited 26 times, 1 visits today)