Tantang HappyFresh dan GO-MART, Startup Singapura Honestbee Hadir di Tanah Air

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Pada hari Rabu, 25 Januari 2017, layanan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari  Honestbee resmi hadir di tanah air. Startup yang berasal dari Singapura tersebut sebenarnya telah beroperasi di Indonesia sejak Agustus 2016 lalu dan terus berusaha mengembangkan layanan mereka hingga akhirnya diluncurkan secara resmi.

Pada hari Rabu, 25 Januari 2017, layanan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari Honestbee resmi hadir di tanah air. Startup yang berasal dari Singapura tersebut sebenarnya telah beroperasi di Indonesia sejak Agustus 2016 lalu dan terus berusaha mengembangkan layanan mereka hingga akhirnya diluncurkan secara resmi.
Layanan Honestbee
Layanan Honestbee sebenarnya serupa dengan HappyFresh yang telah beroperasi sejak tahun 2015 di tanah air. Honestbee menyediakan asisten belanja untuk membeli barang-barang pilihan kamu di berbagai toko yang bekerja sama dengan mereka. Setelah itu, para asisten belanja tersebut akan memberikan barang yang telah dibeli kepada kurir, yang kemudian akan mengantarkannya ke rumah kamu. Honestbee mengklaim kalau mereka mampu mengirimkan barang tersebut sekitar satu jam setelah kamu melakukan pemesanan. Namun kamu pun bisa meminta agar barang tersebut dikirim pada waktu atau hari yang berbeda.
Layanan Delivery Honestbee
Untuk setiap pesanan, Honestbee menetapkan biaya asisten belanja dan biaya pengiriman masing-masing sebesar Rp10.000. Kamu bisa memilih untuk membayar dengan kartu kredit atau membayar secara tunai di lokasi (cash on delivery).  Sejauh ini, Honestbee telah bekerja sama dengan tujuh belas toko Transmart Carrefour, dan beberapa toko lain seperti Sababay Winery, Javara Indigenous Indonesia, Stevan Meat Shop, serta menghadirkan lebih dari 15.000 pilihan produk. Dengan sekitar dua ratus asisten belanja, Honestbee telah bisa menjangkau wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sebagai perbandingan, HappyFresh telah bekerja sama dengan Lotte Mart, Superindo, Ranch Market, dan Farmers Market, serta menetapkan biaya pengiriman sebesar Rp20.000. Saat ini HappyFresh telah beroperasi di sebagian besar wilayah Jakarta, sebagian wilayah Tangerang, Bekasi, Depok, dan Surabaya
Awal Mula Beroperasinya Honestbee

Sebelum hadir di tanah air, Honestbee telah terlebih dahulu beroperasi di Singapura, Hong Kong, dan Taiwan. Mereka pun telah mulai membuka layanan di Jepang, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Di negara asalnya, mereka bahkan telah menyediakan layanan jasa laundry online. Pada tanggal 20 Oktober 2015 silam, Honestbee telah mendapatkan pendanaan Seri A sebesar US$15 juta (sekitar Rp200 miliar) yang dipimpin oleh perusahaan investasi asal Silicon Valley, Formation 8. Selain HappyFresh, di Indonesia Honestbee juga harus menghadapi tantangan dari GO-JEK yang telah mempunyai layanan belanja online GO-MART. Terkait persaingan yang akan dihadapinya, Country Director Honestbee Indonesia Chris Antonius menyatakan kalau pasar yang mereka sasar masih sangat luas, sehingga semua startup yang mengincar bisnis tersebut tetap bisa bertahan dengan segmen masing-masing.

“Kami berusaha memberikan nilai tambah dengan cara menghadirkan layanan yang lebih berkualitas dibanding para kompetitor kami. Selain itu, kami pun benar-benar all in dalam melakukan ekspansi ke Indonesia ini,” pungkas Chris.

(Visited 122 times, 1 visits today)