Tinggalkan Xiaomi, Hugo Barra Pimpin Unit VR Facebook

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

hugozuckerberg1California -Hugo Barra, mantan Chief Internasional Xiaomi Corporation dan eksekutif Divisi Android Google, ditunjuk sebagai Vice President virtual reality (VR) Facebook Inc untuk Tim Oculus. Barra, yang memimpin ekspansi internasional produsen ponsel cerdas Cina, sekarang mengambil tantangan yang berbeda: membantu Facebook menavigasi pasar VR yang relatif muda dan kompetitif. Produk-produk VR seperti Oculus Rift headset dan Samsung Gear telah menarik minat konsumen tapi tidak mendominasi.

CEO Facebook Mark Zuckerberg membayangkan VR sebagai sebuah platform sosial, dan mengatakan Barra akan membantu perusahaannya mencapai hal itu. Para pesaing Facebook lebih berfokus pada game.

“Hugo memiliki keyakinan yang sama dengan saya bahwa VR dan augmented reality akan menjadi platform utama computing berikutnya,” kata Zuckerberg dalam postingan Facebook. “Kedua reality tersebut memungkinkan kita merasakan hal yang sama sekali baru dan lebih kreatif dibanding sebelumnya. Hugo akan membantu membangun masa depan.”

“Ini menjadi mimpi saya bekerja dalam VR bahkan ketika AR/VR isapan jempol fiksi ilmiah; Sekarang kita dapat mengambil foto selfie di dunia virtual,” ujar Barra. Dia berencana menjadikan VR sebagai teknologi utama (mainstream).

Virtual Facebook

Hugo Barra sukses menjadikan Xiaomi sebagai vendor ponsel cerdas terbesar di Cina dengan mengemas komponen-komponen high-end menjadi piranti dengan harga terjangkau dan membangun komunitas pengguna daring. Barra juga membantu Xiaomi menerobos pasar India, yang penjualannya mencapai 1 miliar dolar AS untuk pertama kali di 2016. Meski sempat mengantarkan Xiaomi menguasai pasar domestik, dia berhenti setelah empat tahun menjabat.

(Visited 24 times, 1 visits today)