Tiongkok Punya Pengadilan Online, Seperti Apa?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Pengadilan Internet Hangzhou adalah pengadilan online baru di Tiongkok yang akan menangani kasus sipil terkait internet. Pengadilan itu baru saja menangani kasus pertamanya. Kasus ini melibatkan pelanggaran hak cipta antara seorang penulis novel dan perusahaan internet yang menawarkan novel buatannya pada orang-orang yang berlangganan tanpa izin sang novelis. Semua pihak terkait bertemu melalui video chat. Sang hakim dan pengacara dari kedua belah pihak juga saling bertemu secara online, dan mereka semua berada di lokasi yang berbeda. Kasus terkait pelanggaran hak cipta ini diselesaikan dalam waktu sekitar 30 menit, menurut laporan Engadget.

Pemerintah Tiongkok menetapkan undang-undang untuk mewajibkan gugatan ke perusahaan yang didaftarkan di kota asalnya

Pemerintah Tiongkok menetapkan undang-undang untuk mewajibkan gugatan ke perusahaan yang didaftarkan di kota asalnya. Karena banyak sekali kasus di Hangzhou, pengadilan online akhirnya didirikan di kota tersebut.

Selain penipuan online, pengadilan akan menangani kasus seperti permasalahan belanja online, regulasi yang belum disahkan, masalah kontrak layanan internet, pelanggaran hak cipta, serta masalah pinjaman finansial yang bisa dilakukan secara online.

Pengadilan pun bisa menerima pendaftaran kasus secara elektronik. Bahkan, sidang juga akan disiarkan secara online.

INFO :
Untuk mengajukan gugatan, penggugat harus terlebih dahulu memiliki identitas yang terhubung dengan sistem pembayaran elektronik melalui Alipay (layanan pembayaran milik Alibaba) atau dengan menunjukkan kartu identitas kepada pihak pengadilan.
(Visited 15 times, 1 visits today)