Tipe Post Facebook untuk Meningkatkan Engagement

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Tipe Post Facebook untuk Meningkatkan Engagement

Dengan pengguna aktif yang jumlahnya mencapai hampir 2 miliar setiap bulannya, tak mengherankan jika hingga kini Facebook masih banyak dipilih digital marketer untuk melangsungkan strategi digital marketing mereka. Padahal, jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, Facebook bisa dikatakan paling “jadul”.

Jadi, apa yang membuat Facebook begitu diminati selain faktor jumlah penggunanya?

Salah satunya adalah fitur Facebook Page, yang memungkinkan pebisnis dan digital marketer untuk meningkatkan engagement Facebook mereka terhadap target audiens. Namun, membangun Facebook Page tidaklah sama dengan mengelola akun pribadi. Dibutuhkan serangkaian strategi agar Anda bisa mendapatkan like, comments, dan followers sebanyak mungkin. Berikut adalah beberapa cara yang sudah dihimpun berdasarkan pengalaman tim Penulis.ID yang bisa Anda coba untuk melakukan hal tersebut.

Meningkatkan Engagement Facebook untuk Bisnis? Jangan Buat Akun Personal

Gambar atau video yang kamu gunakan dapat berupa gambar tingkah pola binatang atau anak-anak yang unik, atau berupa sesuatu yang inspirasional seperti foto pemandangan dan interaksi manusia. Ketika sedang memilih gambar atau video, pertimbangkan aspek emosional yang ingin kamu picu dalam diri audiens. Apakah senang, empati, kejutan, atau lainnya. Pilihlah sesuatu yang akan membuat audiens tertarik untuk berinteraksi dengan post tersebut lewat like yang mereka berikan.

Jika anda ingin memposting sesuatu, pastikan gunakan dengan gambar yang relevan. Karena, data dari BuzzSumo, status yang menggunakan Gambar mempunyai interaksi 2x lipat lebih baik daripada status yang hanya berupa tulisan saja. Gunakanlah Foto yang relevan dan berkualitas tinggi. Tips Meningkatkan Engagement Pada Postingan di Facebook satu ini intinya mempunyai fokus kepada kualitas gambar yang relevan.

Jangan jadikan fanpage Facebook anda sebagai channel marketing yang fokus terhadap satu arah saja. Alias Post lalu Tinggalkan begitu saja. Sekarang tentu sudah jamannya Marketing 3.0 alias marketing dari berbagai arah. Anda dituntut untuk aktif & turut berinteraksi terhadap followers atau pelanggan anda. Hal ini sepele ini dapat membuat followers atau customer anda merasa diperhatikan. Tentu, hal ini dapat membuat loyalitas followers anda terhadap fanpage anda terjaga.

Anda bisa membuat promote post yang berisi sebuah lead magnet yang dapat menarik para audiens atau pengunjung ke website Anda. Posting tersebut bisa berupa teaser artikel dari website Anda. Jika mereka klik pada link yang ada dalam posting tersebut, hal ini dapat membuat pengunjung tahu dan mengenal produk atau jasa yang Anda jual ketika datang pada website Anda. Selain itu, hal ini juga bisa mengumpulkan database untuk strategi retargeting facebook kedepannya.

Jenis post seperti ini menjadi favorit bagi para pengelola akun media sosial, karena selain informatif, post seperti ini juga biasanya akan memancing engagement positif antar audiens.

Idealnya, post seperti ini mengandung satu hingga dua kalimat yang isinya berupa sebuah permasalahan dan solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Jika tidak dimungkinkan, kamu juga dapat menggunakan foto dan video untuk memperkuat konten yang ingin disampaikan.

80% konten post kamu harus fokus pada hal sosial, seperti:

-Berita mengenai industri yang kamu jalankan
-Berbagi artikel dari orang atau bisnis lain yang kamu kagumi
-Berinteraksi dengan pelanggan dan comment
-Berdiskusi mengenai masalah dan pertanyaan dalam industri
-Memperlihatkan event yang sedang atau pernah diikuti
-Promosi silang dengan influencer yang terpercaya
-Berbagi post lama atau baru dari blog toko online kamuTips

(Visited 17 times, 1 visits today)