tips membuat trading plan forex

In Tips Trading by Della Fitriani

trading plan

Setiap trader bisa memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap pasar. Demikian pula cara berpikir, toleransi resiko dan target, tentu berbeda-beda pula. Hanya karena seseorang memiliki metode trading yang bisa mereka jalankan dengan baik dan sukses, belum tentu metode tersebut cocok pula bagi Anda. Dengan kata lain, belum tentu Anda pun bisa menjalankan metode trading tersebut dengan baik dan sukses pula.

Milikilah trading plan Anda sendiri, yang sesuai dengan karakter Anda sebagai trader, dan senantiasa meng-update-nya sejalan dengan pengalaman Anda mempelajari pasar. Kata orang bijak: “If you fail to plan, then you have already planned to fail.”
Membangun trading plan dan menjalankannya dengan baik sangat erat kaitannya dengan disiplin. Namun disiplin saja tidak cukup. Benar, tidak cukup. Anda harus memiliki kedisiplinan yang super ketat. Ya, super ketat! Memiliki kedisplinan yang super ketat adalah karakter yang paling penting dari seorang trader sukses.
Kedisiplinan yang super ketat itu Anda butuhkan untuk menjalankan trading plan yang Anda bangun tadi. Trading plan itu sendiri merupakan panduan mengenai apa yang harus Anda lakukan, mengapa, kapan dan bagaimana Anda akan melakukannya. Trading plan melingkupi kepribadian Anda sebagai trader, target pribadi, manajemen resiko dan sistem trading yang akan Anda aplikasikan.

Bagaimana Menyusun Trading Plan Yang Baik?

Ini juga sudah kita pelajari. Yaitu bagaimana meletakkan Stop Loss, menentukan risk to reward ratio atau juga dana yang dibutuhkan dalam membuka real account. Mungkin yang perlu ditambahkan disini adalah mengatur kapan Anda melakukan withdrawal setelah profit diperoleh.

Withdrawal adalah saat termanis dalam trading. Dengan melakukan withdrawal Anda juga membantu psikologi trading Anda untuk tetap sehat. Pasalnya beberapa trader tidak mampu menahan mental serakahnya ketika dana di accountnya telah berkembang ratusan persen dan mulai menjadi over size alias terlalu banyak memasukkan posisi. Akibatnya loss lagi. Nah disarankan bila dana Anda telah berkembang cukup besar (katakanlah berkembang menjadi 200%) ada baiknya menarik profit Anda dan hanya menyisakan modal semula untuk kembali memulai dari nol. Tariklah, bukankah itu manis?
INFO :
Seorang trader yang sukses mempunyai trading plan yang di awali oleh gambaran umum lalu menerapkannya dalam sebuah aturan yang dijadikan acuan dalam bertransaksi. Selain itu yang juga tidak kalah penting yaitu buatlah suatu catatan atau jurnal dari trading yang Anda lakukan. Dengan mempunyai jurnal atau catatan ini akan membantu Anda kemudian hari dalam mengevaluasi trading plan anda.
(Visited 83 times, 1 visits today)