Tol Soroja Diresmikan Desember 2017, Masyarakat Gratis Menggunakan Jalan Tol Selama Dua Minggu

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Rencana pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) atau Tol Soroja Bandung ternyata sudah ada sejak lama. Namun, pembangunan tak kunjung dilakukan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Soroja sudah ada sejak 1996.

“Direncanakan digambar-gambar alignment sejak tahun 1996 baru diputuskan, dilelang, dan dikerjakan 2015,” Basuki di Soreang Kabupaten Bandung, Senin (4/12/2017)

Basuki menuturkan, pembangunan tak terlaksana karena keraguan untuk memutuskan. Artinya, butuh keberanian untuk memutuskan pembangunan tol.

“Belum diputus-putuskan, ini banyak putusan yang tertunda. Ini bacanya hanya masalah keputusan,” Basuki

Warga Sambut Gembira Operasional Tol Soroja

Peresmian Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin 4 Desember 2017, disambut baik semua pihak. Tidak hanya pemerintah daerah, warga masyarakat pun sangat menantikan beroperasinya Jalan Tol Soroja ini.

Seperti halnya diungkapkan seorang warga Soreang, Nurhamid Ismail (35), dengan diresmikannya jalan Tol Soroja ini, akan lebih mempermudah akses menuju Kota Bandung. Dengan demikian, waktu tempuh akan lebih singkat.

“BBM (bahan bakar minyak) akan lebih hemat. Banyak manfaatnya kalau Tol Soroja ini beroperasi. Sekarang pengendara tidak akan lagi dihadapkan dengan kemacetan lalulintas di daerah Kopo hingga Soreang,”Nurhamid

Masyarakat Gratis Menggunakan Jalan Tol Selama Dua Minggu

Masyarakat pun dapat menggunakan Tol Soroja secara gratis selama dua minggu setelah jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Bandung-Kota Bandung itu diresmikan. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan, sampai 28 Oktober 2017, proses pembangunan Tol Soroja sudah mencapai 97 persen.

“Dalam kurun waktu satu sampai dua minggu setelah serah terima itu, Tol Soroja akan diperiksa dan akan dilakukan perbaikan yang bersifat minor jika ditemukan titik yang kurang.”Iwa
(Visited 23 times, 1 visits today)