Trading Dengan Memanfaatkan Doji

In Panduan Analisa Teknikal by Kia Pratiwi

Doji merupakan bentuk candlestick yang mencerminkan keseimbangan antara pembeli dan penjual di pasar. Gambar di atas menjelaskan kondisi harga yang sedang dipantau. Tubuh atau body candle stick sangat pendek sehingga hampir tidak terlihat. Sedangkan sumbu atau lidi yang biasanya tertutup oleh body candle pada gambar di atas terlihat dengan jelas. Tubuh candle yang sangat pendek ini mengindikasikan bahwa sejak pembukaan sampai penutupan, harga memiliki kecenderungan untuk tetap atau hampir sama.

Penjelasan Doji menurut Psikologis :
Doji menggambarkan keraguan pihak penjual dan pembeli. Pihak penjual meragukan kemungkinan menguatnya harga, sebaliknya pihak pembeli tak yakin pada prospek melemahnya harga. Inilah yang menciptakan keseimbangan harga mengingat sedikitnya modal yang ditransaksikan oleh trader. Meskipun demikian, pada akhirnya baik pembeli maupun penjual akan melihat adanya potensi market yang akan mengubah arah pergerakan harga menjadi tren selanjutnya. Ketika trader melihat kemunculan Doji, mereka akan menentukan arah trading berdasarkan candle sebelumnya. Jika arah pergerakan harga sebelumnya naik, maka setelah kemunculan Doji, trader berasumsi bahwa akan terjadi pembalikan sehingga mereka melakukan jual. Tetapi, jika arah pergerakan sebelumnya turun, maka setelah Doji terlihat, trader berasumsi bahwa akan ada pembalikan sehingga mereka melakukan beli. Di samping itu, dari doji trader juga bisa menempatkan stop loss sesuai dengan level teratas atau terbawah pada ujung sumbu candlestick.
Penarapan Doji Pada Trading
Pada chart di atas, harga telah bergerak turun ke area SMA yang bergaris hijau dengan periode 200. Momen entry terlihat saat ada doji terbentuk dan sumbu bawahnya menyentuh garis SMA 200, yang pada kesempatan ini juga bisa diartikan sebagai area support. Karena harga sebelumnya telah menurun, maka Anda bisa mengartikan sinyal ini sebagai peluang buy. Setelah Doji selesai ditutup, Anda dapat mengambil posisi beli dengan stop loss yang ditempatkan tepat di bawah sumbu seperti yang tercantum pada tabel.

Manfaat yang dapat Anda peroleh dari trading seperti ini adalah bahwa Anda berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan resiko sekecil mungkin. Perlu tetap diingat bahwa semua hal dalam trading tidak dapat memberikan jaminan keuntungan 100%. Semua trading yang menggunakan Doji tidak akan berhasil tanpa disertai pengelolaan resiko yang baik. Gunakanlah managemen resiko dengan bijaksana sehingga Anda dapat mencapai keuntungan perdagangan secara konsisten.

(Visited 38 times, 1 visits today)