Trading Sistem Saya Profitable, Namun Kenapa Loss?

In Strategy Trading by Reza Pahlevi

"Saya Mulai Trading Real account baru sekitar 2 bulan. Depo 500 USD, Sekarang tinggal 200 USD. padahal trading system saya profitable, nggak tahu kenapa saya sering loss. saya Trading TF H1" "Saya punya contoh permasalahan buy nih, kan saya ada patokan analisa buy kalo saat grafik candle menurun namun body candle semakin mengecil dan menggunakan MA jika indikator di bawah grafik, maka trend yg terjadi adalah bullish (trend naik). trus gimana kalo ternyata grafik candle naik dan indikator MA ada dibawah grafik? kira-kira pilih yang mana? buy atau sell?"

Demikian contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan yang datang dari kawan kita. Penulis ingin mencoba mengulas hal ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Mungkin uraian bahasannya adalah ADAKAH SYSTEM TRADING YANG PROFITABLE?

Indikator apapun, termasuk candle adalah Alat bantu untuk menganalisa harga. Ada kalanya indikator false. Candle Akurat. Adakalanya Candle false, fundament akurat. Adakalanya fundament akurat, candle dan Indikator Fals dan seterusnya. Ada jargon-jargon yang sering saya jumpai:

TRADE NO INDIKATOR NO NEWS, NO EA
TRADE WITH NEWS
TRADE WITH FUNDAMENTAL
TRADE WITH CANDLE, safe and profitable
TRADE WITH EA, safe and profitable
Dan lain-lainnya, Tapi ujung-ujungnya, "Gunakanlah SL untuk antisipasi. Dan Money Management dengan ketat. Jangan lebih dari .... %". Ternyata para trader yang menggunakan jargon-jargon tersebut di atas, sadar betul bahwa market bukan milik nenek moyangnya.

Sekali lagi, semua sistem yang digunakan adalah hanya alat bantu saja. Alat bantu tersebut kadang menguntungkan pada satu saat, dan di lain waktu kadang kurang menguntungkan. Dan sebagai buatan manusia, tentunya sistem trading tak dapat 100% benar dalam menebak-nebak masa depan. Dengan kata lain, loss sekali waktu itu masih wajar. Loss baru akan layak dipermasalahkan jika loss itu ternyata terus membesar dan bahkan jika dihitung-hitung maka semua modal Anda termakan loss. Kalau itu terjadi, maka solusinya ada di tangan Anda sendiri. Pengalaman-pengalaman yang selama ini Anda hadapi itulah solusinya. Anda bisa menarik kesimpulan dengan sistem yang Anda gunakan selama ini. Apakah sudah waktunya sistem trading diganti, atau fasilitas trading Broker lah yang bermasalah, atau lainnya.

Bagi yang menggunakan candle, yang perlu di ketahui pola candle tiap broker kadang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh Time Open, atau jam server dari broker yang bersangkutan. Untuk hal ini silakan dicek, lakukan penelitian. Cari teman yang Trade di broker yang berbeda atau download MT4 tiap broker 5 -10. Perhatikan time-nya. Maka Anda akan lihat, time servernya berbeda-beda.
(Visited 191 times, 1 visits today)