Trailing Stop untuk menghindari Loss

In Tips Trading by Della Fitriani

orang-kaya

Pernahkah anda mengalami kekesalan yang disebabkan harga dari teke profit anda hampir sedikit lagi tersentuh tapi malah harga tiba-tiba berbalik arah dam akhirnya bukannya profit yang didapat hanyalah loss yang terjadi. Ketika posisi sedang profit / floating profit tapi masih belum menyentuh level take profit maka ada 2 kemungkinan yang akan anda alami. Yang pertama, TakeProfit anda tersentuh dan hasil akhir Profit. Yang Kedua, posisi anda kembali lagi menjadi floating loss gara-gara harga balik arah. Parahnya lagi, berlanjut pada StopLossnya tersentuh . Tentu saja hasilnya jadi loss. Namun tenang saja, MT4 tidak akan membiarkan anda loss begitu saja tanpa ada solusi. Anda bisa mencoba menghindari loss dengan trailing stop. Apa itu trailing top dan apa fungisnya ? Mari kita bahas pada ulasan berikut.

Apa itu Trailing Stop ?

Trailing Stop adalah salah satu fitur penting pada Metatrader yang berfungsi untuk memasang stop order yang ditetapkan pada level tertentu secara otomatis. Trailing stop juga biasa disebut Trailing stop order adalah sebuah order yang mencari referensi dari harga terakhir. Jika harga turun Rp xx dari harga terakhir, maka server dari online trading baru mengirim order jual. Tapi.. ketika harga bergerak naik, maka dengan sendirinya, harga jual tersebut akan mengikuti (trailing) dari level targa tertinggi yang pernah dicapai setelah order tersebut dipasang. Pada gambar diatas, ketika harga naik ke titik kedua, level jualnya juga ikutan naik.

Setelah titik kedua, harga bergerak turun.. akan tetapi, karena stop level (level jual)-nya tidak tercapai, maka posisi jual tidak dikirim ke server Bursa.

Harga bergerak naik menuju titik ketiga, ke empat, ke lima, sampa dengan ke tujuh. Hingga titik ke tujuh, posisi jual tidak pernah dikirim karena harga terus menerus naik.

Fungsi Trailing Stop Pada Metatrader

Pada dasarnya adalah untuk mengamankan profit yang ada jika seandainya tiba-tiba market berubah arah dan dapat pula memaksimalkan profit yang telah diraih. Dalam artian kondisi posisi anda yang sementara running akan semakin diperbesar profitnya secara otomatis dengan cara menggeser posisi stoploss ke arah profit. hah,,.! bingungkan? di sinilah hebatnya trailing stop (TS) ini bekerja. Dan kondisi yang paling cocok untuk memasang trailing stop adalah pada saat market sedang tranding (bergerak kencang) dan satu arah (tidak bolak balik) biasanya hal ini terjadi ketika ada big news atau berita high impact untuk memantau news yang akan di rilis.

adapun kelebihan dan kekurangan dari trailing stop adalah sebagai berikut :

Kelebihan Trailing Stop : Trailing stop akan memberikan peluang profit besar ketika market bergerak searah dalam jangka waktu lama dan jumlah pips yang besar.

Kekurangan Trailing Stop : Trailing stop akan menghilangkan profit yang telah anda peroleh sebelumnya ketika market berubah arah dan menyentuh trailing stop yang telah terpasang. Jadi intinya trailing stop berfungsi untuk mengamankan profit.

Cara Kerja trailing Stop yang Sebenarnya

Mungkin anda masih bingung dengan cara kerja Trailing Stop. Untuk memudahkan pemahaman kita, Coba baca baik-baik ilustrasi di bawah ini, Kita misalkan anda memasang Order Baru (New Order) di EUR/USD Buy pada point 1.3100 dan Stop loss di point 1.3070. Berikut cara kerja Trailing Stop :
Anggaplah kita memasang Trailing stop 30 Pips.
Ketika harga bergerak di posisi 1.3130, maka Stop loss anda akan berpindah ketitik 1.3100 (profit 0 Pips)
Ketika harga bergerak di posisi 1.3150, maka Stop loss anda akan berpindah ketitik 1.3120 (profit 20 Pips)
Ketika harga bergerak di posisi 1.3165, maka Stop loss anda akan berpindah ketitik 1.3135 (profit 35 Pips) dan seterusnya.
namun ketika harga berbalik ke posisi 1.3120 maka secara otomatis akan diselesaikan pada posisi Trailing stop yang terakhir (Misalnya di posisi 1.3135 tadi)

Warning :
Jika anda tidak paham dengan penjelasan secara lisan maka disarankan untuk langsung mempraktekan dalam trading anda.
(Visited 82 times, 1 visits today)