Trik Pair EUR/USD

In Panduan Analisa Teknikal by Kia Pratiwi

Pair EUR/USD dalam kesehariannya memang kelihatan stabil. Namun, sebetulnya apabila kita perhatikan secara teliti, pair tersebut sangatlah sensitif terhadap berita ekonomi, apalagi berita ekonomi dari negara – negara Eropa. Misalnya saja Italia, Yunani, Jerman, dan lainnya, serta setiap berita dari USD tentunya. Belum lagi berita yang membahas mengenai Nonfarm Payroll, rilis setiap Jumat pertama awal bulan, sekitar jam 8.30 malam. Untuk itu, ada trik – trik khusus untuk bertrading pair EUR/USD.

Pengalaman Pada EUR/USD :
Dahsyatnya pergerakan indeks yang pernah saya alami hingga 300 point dalam semalam saja. USD juga sangat sensitif terhadap harga minyak.
Misalkan pergerakan harga menunjukkan sedang naik ataupun turun di pair mata uang EUR/USD, maka saya lebih senang jika melakukan buy/sel dengan take profit 50 – 100 pips. Karena setiap candlestick di EUR/USD daya kekuatan naik turunnya indeks sangat kuat. Ini berbeda jika di USD/JPY, dimana bila pasar stabil, 50 – 100 pips saja sangat susah, apalagi 50 pips, tentu untuk mendapat profit di USD/JPY ini mempunyai trik sendiri untuk itu.
Berikut trik cara membaca suatu tren market pada pair EUR/USD:
  • Connector.

    Open posisi menggunakan Indikator

    Open posisi menggunakan bantuan indikator Ichimoku, Parabolic SAR, Zig-zag dan Time Frame 15.

  • Connector.

    Mengikuti Trend

    Lihatlah trend apa yang sedang bergejolak dipasar

Kesimpulan !!

Jangan melakukan order apabila garis Ichimoku kinko hyo mengarah horisontal, karena pada masa tersebut dapat dikatakan riskan untuk melakukan order. Maka kadang terdiam sesaat untuk memastikan suatu pergerakan selanjutnya adalah cara terbaik, yaitu menunggu berita muncul atau tren yang baru maka kita harus mengikutinya. Apabila Anda akan bertrading pada pair mata uang EUR/USD, maka lihatlah berita ekonomi, karena pair tersebut sangatlah tergantung dari situasi dan kondisi dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Biasanya pasar sangat aktif pada jam 14.00, yaitu disaat pasar Eropa buka, dan berita dari Eropa biasanya antara jam 14.00-22.00. Kemudian menyusul dari Amerika sekitar jam 20.00 pasar sangat aktif, dan menjelang berita dari Amerika, bersiaplah Anda profit sebanyak mungkin dengan mengikuti pergerakan dari sebuah tren. Usahakan selalu menggunakan modal 1/20 dari modal awal Anda, sebagai jaga-jaga jika pergerakan harga berbalik arah.

(Visited 75 times, 1 visits today)