Tuduh Langgar Paten, Nokia Layangkan Gugatan kepada Apple di 11 Negara

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Nokia menuntut Apple di sebelas negara. Penuntutan ini dilakukan karena Apple dinilai telah melanggar sejumlah paten Nokia. Awalnya tuntutan ini hanya dilakukan di Jerman dan Amerika Serikat saja. Sekarang, Nokia memperluas tuntutannya di Finlandia, Inggris, Italia, Swedia, Spanyol, Belanda, Perancis, Hong Kong, dan Jepang, demikian VentureBeat. Sebelumnya, Nokia sudah mengajukan tuntutan di Pengadilan Distrik di Texas Timur. Selain itu, tuntutan ini juga didaftarkan di pengadilan regional di Dusseldorf, Mannheim, dan Munich. Paten yang dipermasalahkan meliputi paten chipset, layar, antena, software, dan teknologi lain yang ditemukan di iPhone.
nokia-apple-1“Puluhan ribu paten kami dibangun dengan investasi penelitian dan pengembangan selama dua puluh tahun terakhir dan menghabiskan investasi lebih dari €115 miliar (sekitar Rp1,6 kuadriliun). Teknologi ini banyak digunakan dalam smartphone, tablet, komputer pribadi, dan perangkat sejenis lainnya,” kata juru bicara Nokia.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa langkah yang diambil Nokia ini adalah respons terhadap gugatan Apple sebelumnya. Apple menganggap tuntutan Nokia ini sebagai kolusi dengan paten raksasa. Perusahaan besutan Steve Job ini menilai adanya persekongkolan yang sengaja menghilangkan sejumlah paten dari kesepakatan yang sudah dibuat antara kedua perusahaan ini sebelumnya. Menurut Apple, ini adalah bagian dari rencana pemerasan dan tindakan anti kompetisi terhadap Apple dan pemasok ponsel lainnya.
apple-vs-nokiaMelalui investasi pada berbagai penelitian dan pengembangan, Nokia mengklaim telah menciptakan dan berkontribusi pada banyak teknologi fundamental yang digunakan pada perangkat mobile saat ini, termasuk produk Apple. “Setelah negosiasi beberapa tahun dan mencoba mencapai kesepakatan untuk menutupi penggunaan Apple atas paten ini, sekarang kami mengambil langkah untuk melindungi hak kami,” kata Ilkka Rahnasto, kepala bisnis paten Nokia dalam siaran persnya. Pada tahun 2011, Nokia dan Apple melakukan pertempuran hukum selama dua tahun atas biaya lisensi untuk hak paten yang dimiliki Nokia. Namun kini Nokia mengatakan bahwa Apple “menolak tawaran berikutnya”, yakni lisensi tambahan dari temuan yang telah dipatenkan dan digunakan di produk-produk Apple.

Informasi
Dalam beberapa tahun terakhir, Nokia memang telah menambahkan jumlah patennya, terutama setelah mengakuisisi Nokia Siemens Network sebesar US$2,2 miliar (sekitar Rp29,5 triliun) pada tahun 2013. Tahun lalu, Nokia juga membeli perusahaan Perancis, Alcatel-Lucent sebesar US$16,6 miliar (sekitar Rp223 triliun).
(Visited 21 times, 1 visits today)