Uber Jual 15 Persen Saham ke SoftBank

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Uber berencana menjual hingga 20 persen sahamnya ke sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Grup SoftBank asal Jepang.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 persen saham akan dikuasai oleh SoftBank, sementara sisanya sebesar 5 persen dialokasikan ke anggota konsorsium lainnya.

Saham-saham yang dibeli oleh SoftBank berasal dari para pemegang saham Uber sebelumnya, termasuk para pegawai dan investor awal.

Di samping itu, SoftBank akan turut menanam modal tambahan sebesar 1,25 miliar dollar AS ke Uber,  SoftBank dan Uber mengkonfirmasikan perihal penjualan saham tersebut pekan ini. Transaksinya sendiri diperkirakan akan rampung pada Januari 2018 mendatang.

Kami menantikan kerja sama dengan para pembeli saham untuk merampungkan transaksi, yang kami harap bisa mendukung investasi teknologi, mendorong pertumbuhan, dan memperkuat corporate governance,Uber

Kemenangan bagi Kepala Eksekutif Uber baru

Pembelian ini adalah kemenangan bagi Kepala Eksekutif Uber baru, Dara Kosrowshahi, yang berusaha membawa keluar perusahaan layanan ride-sharing ini keluar dari terpaan masalah.

Harga tersebut kira-kira 30 persen lebih rendah dari valuasi Uber senilai 68 miliar dolar. SoftBank akan membeli 15 persen saham Uber dan anggota lainnya masing-masing akan mendapat 3 persen, Associated Press melaporkan, mengutip seorang sumber yang mengetahui kesepakatan itu, namun tidak bisa berbicara kepada media.

Uber mengatakan kesepakat ini akan rampung awal tahun depan. Perusahaan itu juga mengatakan para investors yang ada juga setuju untuk menjual sahamnya hingga memungkinkan untuk SoftBank menjalani transaksi ini.

Uber menjadi perusahaan ride-sharing terbaru yang diinvestasi SoftBank

Uber menjadi perusahaan ride-sharing terbaru yang diinvestasi SoftBank. Sebelumnya, SoftBank juga telah menanamkan investasi di perusahaan ride-hailing lain, seperti Didi Chuxing di China, Ola di India, Grab di Asia Tenggara, dan 99 di Brasil.

(Visited 23 times, 1 visits today)