Ulang tahun ke-116 Marlene Dietrich di peringati di Google Doodle

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Marlene Dietrich [IPA: marlɛnɛ ditriç] (lahir 27 Desember 1901 – meninggal 6 Mei 1992 pada umur 90 tahun) adalah seorang penyanyi dan aktris Amerika-Jerman yang pernah mendapatkan nominasi Academy AwardAmerican Film Institute menyebut Dietrich sebagai salah satu dari Greatest Female Stars of All Time pada peringkat 9. Namanya mulai terkenal saat berperan sebagai Lola-lola dalam film "The Blue Angle" (1930) dan mengantarkan pada kontrak dengan Paramount Pitures. Dari situ, Marlene Dietrich membintangi film-film Hollywod antara lain "Marocco" (1930), "Shanghai Express" (1932), dan "Desire" (1936). 

Pada 1939 ia resmi menjadi warga negara AS dan menolak menjadi agen propaganda Nazi.

Sebaliknya, ia membantu para pelarian dari Jerman dan Perancis yang hendak ditangkap pasukan Hitler. Ia juga menjadi penyanyi penghibur bagi pasukan AS di garis depan. Lantaran jasa Marlene di perang inilah pemerintah AS menganugerahi Medal of Freedom dan pemerintah Perancis memberikan medali French Légion d'Honneur.

Inspirasi bagi drag queen

Steinberg juga seorang drag performance, sebuah aktivitas seni yang menampilkan seseorang dengan penampilan yang berlawanan dengan jenis kelaminnya untuk tujuan hiburan dan fashion. Steinberg tampil dengan nama Sasha Velour menjadi pemenang Drag Ras RuPaul (Season 9). Dietrich merupakan pengaruh terbesarnya dalam menciptakan alter egonya.

"Dia asli liar!" kata Velour. "Terlepas dari tekanan saat itu, dia mengikuti jalannya sendiri, terutama dalam hal politik dan gender. Sebagai seorang drag queen, itu sangat mengilhami saya. Ditambah, dia hanya memiliki kekuatan ini untuknya ... Dia misterius dan kuat di setiap perannya, cemerlang. Itulah yang saya inginkan saat saya melangkah di atas panggung. "

Marlene Dietrich yang pada 1939 mejadi warga negara Amerika Serikat menentang Nazisme

Saat Perang Dunia II bergejolak, Marlene Dietrich yang pada 1939 mejadi warga negara Amerika Serikat menentang Nazisme dan menolak tawaran main film dari rezim pimpinan Adolf Hitler tersebut. Dia lantas terlibat dalam upaya propaganda anti-Nazi. Fiilm-filmnya dilarang beredar di Jerman.

INFO :
Marlene Dietrich tutup usia pada 6 Mei 1992 di sebuah flat di Paris, Perancis, pada usia 90 tahun. Pemakamannya dihadiri oleh sekitar 1.500 orang, termasuk duta besar Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain.
(Visited 13 times, 1 visits today)