Ulang Tahun ke-25, Rafflesia Arnoldii, Apa saja berita terkait ?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Padma raksasa (bahasa LatinRafflesia arnoldii) adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (lianaTetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis

Sejarah Penemuan Bunga Rafflesia Arnoldii

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan salah satu puspa langka berukuran besar dengan ukuran diameter sekitar satu meter. Bunga raksasa ini memiliki ciri khasnya dengan kelopak daun berwarna merah dan terdapat sebuah lubang di tengahnya yang mengeluarkan bau busuk.

Lantas siapa yang menemukan buka raksasa ini?

Orang pertama yang menemukan Rafflesia merupakan seorang ilmuwan asal Perancis, yakni Louis Auguste Deschamps. Ia telah meneliti selama 11 tahun di Indonesia.Ketika itu, Deschamps menemukan Rafflesia dengan jenis R. Patma pada tahun 1797. Namun, pada tahun 1803, semua spesimen, catatan, dan ilustrasi dari penelitian selama 11 tahun disita dan dijadikan rampasan perang. Ketika itu Inggris tengah berperang dengan Perancis.

Namun, pada tahun 1954, dunia ilmiah pun baru mengetahui bahwa Deschamps yang pertama menemukan Rafflesia.

Sementara itu, Thomas Stamford Raffles memang bukan penemu pertama. Namun, ia menemukan Rafflesia jenis lain yang saat ini dikenal dengan Rafflesia arnoldii.

Fakta Unik Rafflesia Arnoldii

Rafflesia arnoldii disebut bunga bangkai lantaran bunganya berbau seperti daging membusuk.

INFO :
Proses penamaan pertama kali untuk jenis Rafflesia memiliki kisah tersendiri, yang melibatkan intrik, politik, dan ketamakan. Sebetulnya orang asing yang pertama melihat jenis Rafflesia, bukan Stamford Raffles ataupun Dr Joseph Arnold, tetapi Louis Auguste Deschamp, seorang dokter dan penjelajah alam berasal dari Perancis, yang pada akhir abad ke 18 berlayar ke Jawa.
(Visited 28 times, 1 visits today)