Wah ..Jepang Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah di Olimpiade Tokyo

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang akan didukung dengan teknologi pengenal wajah (facial recognition). Teknologi ini akan dipakai untuk kali pertama sepanjang sejarah Olimpiade. Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 menggandeng NEC Corp.

Menurut panitia penyelenggara, teknologi ini akan meminimalisir risiko kemanan atas kartu identitas. Selain itu, teknologi deteksi wajah juga dinilai mampu mempercepat antrean para atlet, pejabat, dan awak media ketika masuk ke berbagai lokasi.

Untuk mengatur sistem, para atlet, pejabat, dan jurnalis akan dibekali kartu pengenal. Pada kartu tersebut, terdapat foto dari pemegang kartu. Foto wajah dalam kartu inilah yang kemudian akan disimpan dalam sebuah database.

INFO :
Nantinya, sistem ini akan mempercepat akses keluar masuk atlet, petugas dan media ke berbagai tempat selama Olimpiade berlangsung.

Dikutip dari Digital Trends, Selasa (26/12/2017), sistem tersebut diperkirakan bisa menangani hingga 400 ribu orang. Alhasil, ini akan menjadi penerapan teknologi pengenalan wajah terbesar dalam acara Olimpiade.

Menjadi berita utama dengan sebuah sistem yang disebut NeoFace

NEC telah mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun. Pada tahun 2014, mereka menjadi berita utama dengan sebuah sistem yang disebut NeoFace yang tampaknya membantu Departemen Kepolisian Chicago melacak seorang tersangka kriminal.

Teknologi NEC juga baru-baru ini muncul di sebuah kios CaliBurger yang saat ini sedang diujicobakan di salah satu restorannya. Mesin mengenali pelanggan dari kunjungan sebelumnya dan menggunakan data tersebut untuk menyarankan pesanan makan berdasarkan pilihan sebelumnya. 

Foto wajah harus didaftarkan ke database

Untuk menyiapkan sistem tersebut, foto wajah harus didaftarkan ke database, sehingga pengenalan wajah bisa mencocokkannya dengan wajah atlet atau para pekerja yang akan hilir mudik di tempat Olimpiade. 

Teknologi ini akan terus disempurnakan menjelang Olimpiade 2020 nanti. Sebagi informasi, NEC Corp sendiri sudah berpengalaman mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun. 

(Visited 34 times, 1 visits today)