William O’Neil, Trader Sukses Pencipta Strategi CAN SLIM

In Kisah Sukses Dari Trading by Reza Pahlevi

William J. O’Neil, atau yang akrab disapa Bill O’Neil adalah seorang trader terkenal, entrepreneur dan penulis buku. Ia juga merupakan pendiri perusahaan investasi William O’Neil & Co. Inc., pemilik surat kabar Investor’s Business Daily, serta penulis buku best seller “How to Make Money in Stocks” (McGraw-Hill-2009). Namanya disejajarkan dengan Jim Slater dan John Neff, trader terkenal seangkatannya. Ia dikenal sebagai pencipta strategi investasi “CAN SLIM” dan memelopori penyusunan database saham yang sangat membantu para trader dan investor di seluruh dunia dalam melacak data suatu perusahaan publik.

06digital-2William O’Neil lahir di Oklahoma City, AS pada tahun 1933, dan besar di Texas. Selepas menamatkan pendidikan lewat Program for Management Development di Harvar Business School, beliau bekerja untuk perusahaan pialang saham Hayden, Stone & Company yang saat itu baru mulai menggunakan komputer sebagai sarana trading. Beliau kemudian mengembangkan sebuah strategi investasi dengan sistem komputer Hayden, Stone & Company tersebut, yang diperkenalkan tahun 1984 setelah bertahun-tahun diuji coba.

Prinsip O’Neil dalam trading di pasar saham adalah beli yang sedang kuat, jual yang sedang lemah. “CAN SLIM” sendiri adalah singkatan dari:

C – Current quarterly earnings
A – Annual earnings
N – New products, new management, and new highs
S – Supply and demand
L – Leaders and laggards
I – Institutional ownership
M – Market direction
“Harga yang sudah terlalu tinggi dan dianggap sangat beresiko biasanya akan terus naik, dan yang terlihat begitu rendah dan menurut orang sudah murah malah akan terus turun,” kata O’Neil yang pernah bertugas di Angkatan Udara AS ini. Dengan strateginya, O’Neil menjadi terkenal dan bisa meningkatkan keuntungan pada portofolio sahamnya. Kesuksesan tersebut kemudian mendorongnya untuk berani mendirikan perusahaan investasi sendiri.

Perusahaan bentukan William O.Neil, William O’Neil & Co. Inc. memulai bisnisnya sebagai pialang dan pengelola investasi, namun kemudian dikenal luas di seluruh AS sebagai penyedia data perusahaan-perusahaan publik. Bahkan, layanan bisnis tersebut juga membahas secara detail kondisi setiap perusahaan, lengkap dengan rekomendasi tradingnya. Database William O’Neil memuat lebih dari 40000 item data yang mencakup 8000 saham mulai dari tahun 1880-an. Karena populernya database ini, O’Neil mendirikan O’Neil Data Systems Inc. (ODS) yang siap memberikan data dan rekomendasi ke para client-nya dari seluruh penjuru dunia.

Sebagai trader yang telah mapan, apa nasehatnya bagi para pemula? “Tentu Anda ingin tahu apa rahasianya. Hanya sederhana saja. Dalam trading di pasar saham, usahakan untuk rugi sekecil mungkin ketika Anda salah posisi. Selain itu, kalau Anda melakukan analisa fundamental atau apa saja, itu subyektif. Anda dan saya mungkin berbeda opini. Yang bisa dipercaya hanyalah pergerakan harga pasar itu sendiri,” ungkap William O’Neil yang juga mengajar dan sering diundang berbicara di berbagai seminar investasi itu.

Catatan
Para trader dan investor yang telah sukses dalam karirnya sebagian besar mendedikasikan pengetahuan dan waktunya guna mengembangkan dunia trading dan investasi seperti mendirikan perusahaan investasi, menjadi konsultan, komentator di berbagai media investasi dan bisnis, mengembangkan software trading, menulis buku, dan lain sebagainya. Kita bisa mengambil manfaat positif dari kisah perjalanan karir dan pandangan William O’Neill tentang strategi memilih saham, ide CAN SLIM, pembatasan risiko, dan tips analisa dalam trading.
(Visited 115 times, 1 visits today)