Xiaomi Dikabarkan Hendak Lakukan IPO dengan Target Valuasi Rp714 Triliun

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Pada 4 Desember 2017, Xiaomi dikabarkan tengah mempertimbangkan upaya untuk meluncur di bursa saham (IPO) dengan target valuasi mencapai angka US$50 miliar (sekitar Rp714 triliun).

Mengutip dari Bloomberg, perusahaan teknologi asal Cina tersebut saat ini tengah berkonsultasi dengan lembaga perbankan perihal rencana mereka untuk go-public. Menurut narasumber internal yang tak disebutkan namanya, Xiaomi diperkirakan bakal memulai upaya IPO ini di bursa efek Hong Kong paling cepat awal 2018.

Sebelum rencana IPO ini tersiar, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini pada tahun 2014 telah mencapai valuasi hingga US$46 miliar (sekitar Rp621 triliun) usai berinvestasi secara agresif di toko retail dan ekspansi di  kawasan India.

Sejak saya mendirikan Xiaomi 2010 lalu, setidaknya perlu 15 tahun untuk IPO. Jadi 2025 adalah waktu ideal. Xiaomi haruslah dulu jadi perusahaan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari konsumennya langsung dari hati merekaLei

Rencana IPO ditargetkan paling cepat tahun depan

Adapun rencana IPO itu sendiri ditargetkan paling cepat tahun depan. Menurut sumber dalam yang familiar, beberapa bank investasi menyarankan Xiaomi menjajakan saham perdananya di Hong Kong, China. Xiaomi sendiri masih enggan berkomentar soal IPO. Yang jelas, jika informasi ini benar, maka momentumnya dianggap pas bagi produsen seri Redmi tersebut. Beberapa bulan belakangan Xiaomi berhasil membangun momentum setelah terseok-seok menghadapi persaingan dengan sesama vendor China semacam Huawei, Oppo, dan Vivo. Xiaomi mampu merangkak naik kembali ke jejeran “5 besar vendor smartphone terlaris” sepanjang tahun ini.

INFO :
Xiaomi dikabarkan sedang berdiskusi dengan bank investasi untuk melakukan penjualan saham perdana alias initial public offering (IPO). Dari informasi yang beredar, Xiaomi berharap memperoleh valuasi setidaknya 50 miliar dolar AS atau Rp 675,6 triliun.

Adapun rencana IPO itu sendiri ditargetkan paling cepat tahun depan. Menurut sumber dalam yang familiar, beberapa bank investasi menyarankan Xiaomi menjajakan saham perdananya di Hong Kong, China.

(Visited 32 times, 1 visits today)